https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Cek Fakta: Salah, Ribuan Rumah di Sulut Hancur Akibat Gempa 9,8 Magnitudo

Agus Mughni | Selasa, 12/03/2024 08:30 WIB

Cek Fakta: Salah, Ribuan Rumah di Sulut Hancur Akibat Gempa 9,8 Magnitudo Cek Fakta: Salah, Ribuan Rumah di Sulut Hancur Akibat Gempa 9,8 Magnitudo. (Foto: Turnbackhoax)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah unggahan video mengeklaim gempa bumi berkekuatan 9,8 magnitude hancurkan ribuan rumah di Sulawesi Utara (Sulut). Video tersebut diunggah oleh akun Youtube bernama CCTV BENCANA pada 8 Maret 2024 lalu.

“HANYUT… BREAKING NEWS. SULUT HANYA PASRAH, RIBUAN RUMAH HANCUR LEBUR DI GEMPUR GEMPA MAGNITUDE 9,8 HINGGA MUSNAH,” demikian keterangan yang dicantumkan dalam thumbnail video tersebut.

Faktanya, berdasarkan penelusuran Tim Koalisi Cek Fakta, narasi yang dicantumkan dalam video berdurasi 2 menit 25 detik tersebut keliru.

Baca juga :
Cek Fakta: Salah, Atta Halilintar dan Raffi Ahmad Bangun G200M

Saat disimak, ternyata isi dari video berjudul ‘BARU SAJA SULUT HANYA PASRAH,RIBUAN RUMAH HINGGA GEMPUR GEMPA MAGNITUDE 9,8’ itu tidak ditemukan informasi seperti klaim tersebut.

Narator hanya membawakan sebuah berita terbitan medcom.id berjudul ‘Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Pulau Karatung Sulut’ yang diunggah pada 5 Maret 2024 lalu.

Baca juga :
Cek Fakta: Salah, Anak yang Hina Jokowi Terancam 7 Tahun Penjara

Dalam artikel berita tersebut hanya dijelaskan jika gempa yang terjadi di Pulau Karatung, Sulut, pada 5 Maret 2024 itu berkekuatan 5,2 magnitudo, tidak mencapai kekuatan 9,8 magnitudo seperti yang tertera pada judul dan thumbnail unggahan video.

Sumber lain, berjudul ‘Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Sebelah Barat Laut Pulau Karatung, Sulawesi Utara’ terbitan porosjakarta.com juga tidak menyebut jika ribuan rumah telah hancur akibat gempa tersebut, tetapi pihak BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gempa susulan.

Baca juga :
Rumania Disebut Negara dengan Tingkat Bahaya Gempa Bumi Tertinggi di Eropa

Berdasarkan beberapa sumber tersebut tidak dijelaskan jika gempa 9,8 magnitudo telah menghancurkan ribuan rumah di Sulut.

Informasi yang diberikan dalam kedua artikel tersebut hanya menyebutkan jika kekuatan gempa sebesar 5,2 magnitudo dan tidak diinformasikan mengenai kerusakan akibat gempa.

Sampai saat ini, tidak ditemukan pemberitaan kredibel terkait klaim bahwa gempa bumi berkekuatan 9,8 magnitude hancurkan ribuan rumah di Sulut.

Jadi, video yang mengeklaim gempa bumi bermagnitudo 9,8 telah menghancurkan ribuan rumah di Sulut adalah keliru atau salah.

Sumber Rujukan:

https://youtu.be/EL_A9dyh5NQ?si=AABLi-yoCmPdCymY

https://turnbackhoax.id/2024/03/10/salah-ribuan-rumah-di-sulut-hancur-akibat-gempa-98-magnitudo/

https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/GNG1agLk-gempa-magnitudo-5-2-guncang-pulau-karatung-sulut

https://www.porosjakarta.com/arena/064404817/gempa-bumi-magnitudo-52-guncang-sebelah-barat-laut-pulau-karatung-sulawesi-utara

https://turnbackhoax.id/2024/03/10/salah-ribuan-rumah-di-sulut-hancur-akibat-gempa-98-magnitudo/

(Agus Mughni)
KEYWORD :

Cek Fakta Gempa Bumi Sulawesi Utara Bencana