https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Cek Fakta: Salah, Anak yang Hina Jokowi Terancam 7 Tahun Penjara

Agus Mughni | Minggu, 10/03/2024 23:06 WIB

Cek Fakta: Salah, Anak yang Hina Jokowi Terancam 7 Tahun Penjara Cek Fakta: Salah, Anak yang Hina Jokowi Terancam 7 Tahun Penjara. (Foto: Cekfakta)

Jakarta, Jurnas.com - Beredar kembali sebuah video yang memperlihatkan sosok wanita berbaju merah muda menangis di persidangan.

Video yang viral pada 14 Juli 2023 lalu itu kembali disebarkan dengan klaim jika wanita berbaju merah muda dalam cuplikan video tersebut merupakan anak SMP yang divonis 7 tahun penjara karena menghina Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Akhirnya anak yang suka hina Jokowi terancam 7 th, nangis2 kan Lo kalo kalo Uda begitu," demikian bunyi keterangan yang disertakan dalam video itu.

Baca juga :
Kementan Genjot Produktivitas Pertanian Sultra

Video tersebut diupload baru-baru ini oleh akun Tiktok bernama harvest..1 dan tiraica9 dengan menyertakan narasi yang hampir serupa.

Faktanya, berdasarkan penelusuran Tim Koalisi Cek Fakta, narasi yang dicantumkan dalam video berdurasi 43 detik di kedua akun tersebut keliru.

Baca juga :
GKSB DPR: Indonesia-Rumania akan Mempererat Kerja Sama Bisnis

Ibu yang menangis dalam cuplikan video yang pertama kali diupload pada Juli 2023 itu, merupakan ibu dari korban kasus pembunuhan yang terjadi di Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Bukan terkait penghinaan kepada Jokowi.

Diketahui bahwa tangisan tersebut dipicu lantaran dirinya beserta keluarga tidak menerima vonis hukum yang dijatuhkan oleh para hakim terhadap pelaku.

Baca juga :
Luhut Minta Utang Minyak Goreng Segera Diselesaikan

Sampai saat ini, tidak ditemukan pemberitaan kredibel terkait klaim bahwa wanita berbaju merah muda dalam cuplikan video itu merupakan anak SMP yang divonis 7 tahun penjara karena menghina Presiden Jokowi.

Dengan demikian, cuplikan anak pada unggahan, bukan anak yang menghina Jokowi. Ia adalah seorang Ibu dari siswi korban kasus pembunuhan di Mojokerto Jawa Timur yang menangis histeris setelah mengetahui putusan hukuman ke pelaku.

Sumber Rujukan:

https://vt.tiktok.com/ZSFfCaYCf/

https://perma.cc/D9ZQ-K5SB

https://cekfakta.com/focus/16522

https://turnbackhoax.id/2024/03/10/salah-anak-yang-hina-jokowi-terancam-7-tahun-penjara-2/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/53991/hoaks-pelajar-smp-divonis-7-tahun-penjara-karena-kritik-presiden-jokowi/0/laporan_isu_hoaks

https://www.youtube.com/watch?v=9R39HYh3hts

https://turnbackhoax.id/2024/01/20/salah-pelajar-smp-divonis-7-tahun-penjara-karena-mengkritik-jokowi/

https://turnbackhoax.id/2024/01/05/salah-anak-smp-divonis-7-tahun-karena-mengkritik-jokowi/

(Agus Mughni)
KEYWORD :

Cek Fakta Joko Widodo Jokowi SMP Ancaman Penjara