Jum'at, 26/04/2024 21:04 WIB

10 Manfaat Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Indonesia menghasilkan kelapa sebanyak 18,5 juta ton. Terbesar di dunia. 

Buah kelapa

Jakarta, Jurnas.com - Organisasai Pangan Dunia (FAO) belum lama menyebut Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan pantai adalah penghasil coconut terbesar dunia.

Data menunjukkan, Indonesia menghasilkan kelapa sebanyak 18,5 juta ton. Disusul Filipina (14,7 juta ton), India (11,7 juta ton), Srilangka (2,6 juta ton) dan Brazil (2,3 juta ton).

Dengan produksi kelapa yang sangat banyak, tentu tidak sulit mendapatkan air kelapa yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut 10 manfaat Buah dan Air Kelapa bagi Kesehatan

1. Menghilangkan Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi kurangnya cairan dalam tubuh. Orang yang selesai berolahraga atau mungkin sakit diare biasanya mengalami kebutuhan cairan yang banyak, lantas dehidrasi.

Nah, minum air kelapa lebih dari menghilangkan dehidrasi karena di dalam air kelapa terkandung sejumlah elektrolit penting seperti natrium dan kalium, sehingga dehidrasi hilang seketika.

2. Menetralisir Racun

Zat sisa hasil metabolisme tubuh harus dibersihkan dari tubuh melalui sistem ekskresi. Zat tersebut bisa menjadi racun dalam tubuh dengan gejala pusing, demam, sakit perut, mual dan muntah-muntah. 

Kabar baiknya, air kelapa dapat menetralisir zat-zat beracun, karena mengandung elekrolit, mineral dan zat antioksidan yang dapat menetralisir kelebihan garam dan urea didalam tubuh.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Minum air kelapa dapat menyegarkan tenggorokan sekaligua menyehatkan usus. Ada kandungan kalium yang terbilang tinggi serta serat yang terlarut di dalam air kelapa. Ini akan memperlancar gerak peristaltik otot-otot usus halus dan besar.

4. Membuat Awet Muda

Faktor usia dan penuaan adalah hukum alam yang pasti terjadi. Namun, ada juga cara agar kita bisa tampil energik dan awet muda.

Salah satu kunci awet muda adalah dengan olahraga raha untuk memperlancar aliran darah. Selain itu, anda perlu minum air kelapa muda. Sebab Air kelapa memiliki sifat untuk memperlancar aliran darah dan menyeimbangkan elektrolit yang ada di dalam darah.

Selain itu, zat anti oksidan seperti sitokinin yang ada pada air kelapa dapat menyeimbangkan pH tubuh dan memiliki manfaat antipenuaan.

5. Bagus untuk Vitalitas Pria

Minum air kelapa hijau disebut mampu meningkatkan para pasangan baru yang ingin cepat mempunyai momongan. Juga bagi perokok, air kelapa muda bisa menetralisir racun dan nikotin. Pada ujungnya, kelapa muda bisa meningkatkan kualitas sperma pria. 

6. Menurunkan Resiko Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi muncul akibat banyaknya mengonsumsi makanan berlemak (kolesterol), terlalu banyak garam dan gula.

Nah, air kelapa muda bisa mengurangi kadar kolesterol, karena rendah natrium namun tinggi kalium, dan kandungan gulanya rendah. So, minum kelapa muda secara rutin akan menurunkan resiko hipertensi. 

7. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang menyerang posisi rongga ginjal (pelvis renalis), akibat kurangnya asupan air putih dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam.

Para ahli kesehatan menyebut air kelapa bisa membangun keseimbangan natrium dan kalium dalam aliran darah, sehingga menurunkan risiko terbentuknya endapan garam pada ginjal.

8. Diet Makin Mudah dan Sehat

Gemuk identik dengan banyak penyakit, dan penampilan pun tidak menarik. Makan banyak orang rela menahan lapar demi mendapat badan yang proporsional aliat tidak kegendutan.

Nah, minum air kelapa muda akan membantu Anda dalam diet. Sebab kelapa muda, terutama kelapa hijau mampu mengurangi kadar lemak dalam tubuh dengan menetralisir kandungan kolesterol dan lemah jenuh. 

9. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Ibu sedang hamil mengalami banyak perubahan dalam tubuh. Makan tak heran kerap Ibu hamil merasa tidak nyaman dan sering merasa sakit.

Nah, minum air kelapa muda sangat baik dalam meningkatkan keseimbangan tubuh juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Juga melancarkan metabolisme tubuh, membersihkan saluran kemih, dan tentunya dapat menjaga kesehatan janin. 

10. Memperkuat Imunitas

Air kelapa jika diminum secara rutin ternyata dapat memperbaiki sistem imun tubuh. Hal itu karena air kelapa memiliki kemampuan menghilangkan bakteri jahat pada tubuh yang menyebabkan penyakit gusi dan infeksi saluran pencernaan. Beberapa penelitian juga menunjukan air kelapa memberi perlawanan terhadap beberapa virus penyebab demam, tifus dan infeksi. (Disarikan dari berbagai sumber) 

KEYWORD :

Kelapa kelapa muda FAO kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :