Selasa, 23/04/2024 22:40 WIB

390 Ribu Pengungsi di Afghanistan Selama 2021

Kekerasan telah meningkat di seluruh Afghanistan ketika pasukan asing pimpinan AS hampir ditarik setelah 20 tahun operasi militer.

Personel keamanan Afghanistan berjaga di depan konsulat Iran pada 7 September 2013 [Aref Karimi/AFP via Getty Images]

Jakarta, Jurnas.com - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melaporkan bahwa sekitar 390.000 orang telah mengungsi di Afghanistan pada tahun 2021.

Hal itu disampaikan pihak PBB di tengah serangan Taliban yang sedang berlangsung yang mengikuti kampanye pembunuhan yang ditargetkan.

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric, mengatakan telah terjadi "lonjakan besar" perpindahan sejak Mei dengan sekitar 5.800 Pengungsi Internal (IDP) tiba di Kabul antara 1 Juli dan 5 Agustus mencari keselamatan dari konflik dan ancaman lainnya dengan sebagian besar tinggal bersama keluarga dan teman, tetapi beberapa tinggal di tempat terbuka.

"Meskipun situasi keamanan memburuk, badan-badan kemanusiaan tetap tinggal dan mengirimkan kepada orang-orang yang membutuhkan, mencapai 7,8 juta orang dalam enam bulan pertama tahun ini," kata Dujarric dilansir AA, Kamis (12/08).

"Kemampuan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan LSM lokal dan internasional untuk tinggal dan memberikan tergantung pada penghapusan rintangan birokrasi oleh para pihak, keamanan staf, dan dana tambahan yang segera dimobilisasi," tambahnya.

Sepuluh tim telah dikerahkan sejauh ini ke Afghanistan untuk menilai situasi orang-orang yang tinggal di tempat terbuka di Kabul. "Mereka telah mengidentifikasi lebih dari 4.500 pria, wanita dan anak-anak yang membutuhkan tempat tinggal, makanan, sanitasi dan air minum," kata Dujarric.

Kekerasan telah meningkat di seluruh Afghanistan ketika pasukan asing pimpinan AS hampir ditarik setelah 20 tahun operasi militer.

Taliban telah dengan cepat merebut beberapa distrik administratif yang lebih kecil dan sekarang menargetkan kota-kota besar dan kecil. Mereka telah merebut sembilan pusat provinsi dari pasukan pemerintah dalam enam hari.

KEYWORD :

Laporan PBB Wilayah Afghanistan Rombongan Pengungsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :