Jum'at, 19/04/2024 11:24 WIB

PBB Desak Bantuan Kemanusiaan Segera Dikirim ke Afghanistan

 Badan Pengungsi PBB melaporkan bahwa musim dingin semakin dekat di Afghanistan dan ada kebutuhan mendesak akan bantuan kemanusiaan.

Gadis-gadis Afghanistan terlihat seperti sekolah di Kabul, Afghanistan, 18 September 2021. (Kantor Berita Asia Barat via Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pengungsi PBB melaporkan bahwa musim dingin semakin dekat di Afghanistan dan ada kebutuhan mendesak akan bantuan kemanusiaan.

Dilansir AA, Rabu (13/10), juru bicara UNHCR Babar Baloch mengatakan hampir 700.000 orang mengungsi di Afghanistan tahun ini, termasuk 50.000 di ibu kota Kabul saja.

"Jendela sebenarnya menutup setiap hari dalam hal waktu yang kita miliki untuk menjangkau lebih banyak orang. Jangan lupa, musim dingin di Afghanistan sangat keras," katanya. 

"Musim dingin di Afghanistan dapat membunuh. Jika orang tidak memiliki sumber daya dan jika Anda akhirnya berada di bawah langit terbuka, itu benar-benar tanpa ampun."

Dia mengatakan bahwa sebelum peristiwa 15 Agustus, ketika Taliban mengambil alih, setengah dari 40 juta penduduk Afghanistan bergantung pada bantuan kemanusiaan.

"Kebutuhan itu meningkat dari hari ke hari, dan itulah mengapa kami mengatakan ini adalah perlombaan melawan waktu untuk menjangkau semua orang," bantah Baloch.

Taliban merebut Kabul pada 15 Agustus, memaksa presiden dan pejabat tinggi lainnya meninggalkan negara itu. Mereka telah membentuk pemerintahan sementara yang dipimpin oleh Hasan Akhund.

Kekuatan dunia telah meminta kelompok itu untuk membentuk pemerintahan inklusif yang mewakili keragaman etnis negara itu.

Pada pertemuan luar biasa para pemimpin G20 di Afghanistan yang diselenggarakan oleh Italia, UE berjanji akan memberikan paket bantuan 1 miliar euro ($ 1,2 miliar) ke negara yang dilanda perang "untuk mencegah keruntuhan kemanusiaan dan sosial ekonomi yang besar."

Menurut pernyataan Gedung Putih, para pemimpin menegaskan kembali "komitmen kolektif" mereka untuk memberikan bantuan kemanusiaan langsung kepada rakyat Afghanistan melalui organisasi internasional independen. (AA)

KEYWORD :

Bantuan Kemanusiaan Badan Pengungsi PBB Wilayah Afghanistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :