Selasa, 19/10/2021 09:34 WIB

Israel Pertimbangkan Ekspor Gas Melalui Mesir

Menteri Perminyakan Mesir, Tarek Al-Molla, kemarin berdiskusi dengan Karine Elharrar, rencana untuk mencairkan gas Israel di pabrik pencairan gas alam Mesir untuk diekspor kembali.

Menteri Perminyakan dan Sumber Daya Mineral Mesir Tarek el-Molla di Kuwait City pada 10 Desember 2017 [YASSER AL-ZAYYAT/AFP/Getty Images]

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perminyakan Mesir, Tarek Al-Molla, kemarin berdiskusi dengan Karine Elharrar, rencana untuk mencairkan gas Israel di pabrik pencairan gas alam Mesir untuk diekspor kembali.

Sebuah pernyataan bersama mengatakan pembicaraan itu diadakan melalui panggilan telepon, menambahkan bahwa kedua menteri telah membahas "kerja sama yang sedang berlangsung di bidang gas alam."

"Kedua menteri membahas rencana masa depan untuk gas Israel yang akan dicairkan di pabrik pencairan gas alam Mesir untuk diekspor kembali," bunyi pernyataan itu di Facebook dilansir Middleeast, Selasa (10/08).

Diskusi itu, tambah pernyataan itu, telah datang dalam kerangka Forum Gas Mediterania Timur, menekankan pentingnya memperkuat kerja sama bilateral dan multilateral di antara anggota forum untuk membuka potensi penuh gas alam di kawasan itu.

Pada 9 Maret, Mesir, yang memimpin forum tersebut, mengumumkan bahwa negara-negara anggota telah memberikan keanggotaan kepada Prancis dan status pengamat kepada Amerika Serikat. Forum tersebut mencakup Mesir, Yunani, Italia, Siprus, Israel, Yordania, dan Palestina.

Pembentukan forum diumumkan pada Januari 2019 dan diratifikasi oleh pemerintah tujuh negara anggota pendiri pada akhir 2020.

Pakar energi telah berulang kali mengatakan bahwa kerja sama antara Mesir dan Israel pada gas Mediterania terutama untuk keuntungan Israel, sementara Mesir berusaha menjadi pusat gas cair di kawasan itu.

Pada bulan Februari, Al-Molla dan mantan menteri energi Israel, Yuval Steinitz, setuju untuk menghubungkan ladang gas Leviathan di Israel dengan unit pencairan gas alam di Mesir melalui pipa lepas pantai. Steinitz mengatakan bahwa langkah itu bertujuan untuk menggandakan kapasitas ekspor gas Israel ke Mesir.

Israel mulai mengekspor gas alam ke Mesir awal tahun lalu melalui pipa yang ada yang melewati bawah laut sebelum melintasi Semenanjung Sinai utara melalui darat. 

Mesir berencana untuk mencairkan gas Israel di pabrik Idku dan Damietta, dan mengekspornya kembali ke Eropa dan Asia

TAGS : Ekspor Gas Pemerintah Israel Wilayah Israel




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :