Kamis, 07/07/2022 03:05 WIB

Rusia Setop Aliran Gas Finlandia

Rusia setop aliran gas Finlandia

Harga gas grosir Eropa telah meroket selama setahun terakhir [File: Gleb Garanich / Reuters]

JAKARTA, Jurnas.com - Perusahaan minyak dan gas alam terbesar di RusiaGazprom pada Sabtu menghentikan ekspor gas ke negara tetangga Finlandia. Ini merupakan eskalasi terbaru dari perselisihan pembayaran energi dengan negara-negara Barat.

"Impor gas melalui pintu masuk Imatra telah dihentikan," kata Gasgrid Finland dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Alarabiya News.

Imatra adalah pintu masuk gas Rusia ke Finlandia.

Pedagang grosir gas milik negara Finlandia, Gasum, pada Jumat mengatakan Gazprom telah memperingatkan bahwa aliran akan dihentikan mulai pukul 0400 GMT pada Sabtu pagi.

Gasum juga mengkonfirmasi pada hari Sabtu bahwa aliran telah berhenti. "Pasokan gas alam ke Finlandia di bawah kontrak pasokan Gasum telah terputus," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Mulai hari ini, selama musim panas mendatang, Gasum akan memasok gas alam ke pelanggannya dari sumber lain melalui pipa Balticconnector," sambungnya.

Konektor Baltik menghubungkan Finlandia ke jaringan gas tetangga Estonia.

Ekspor Gazprom pada Jumat mengatakan aliran akan dipotong karena Gasum tidak mematuhi aturan baru Rusia yang membutuhkan penyelesaian dalam rubel.

Mayoritas gas yang digunakan di Finlandia berasal dari Rusia tetapi gas hanya menyumbang sekitar 5% dari konsumsi energi tahunannya.

Sebagian besar kontrak pasokan Eropa dalam denominasi euro ormdollar dan Moskow telah memutus pasokan gas ke Bulgaria dan Polandia bulan lalu setelah mereka menolak untuk mematuhi persyaratan pembayaran baru.

Gasum, pemerintah Finlandia dan perusahaan konsumen gas individu di Finlandia mengatakan mereka siap untuk penutupan aliran Rusia dan bahwa negara akan mengelola tanpanya. "Sistem gas Finlandia seimbang baik secara fisik maupun komersial," kata Gasgrid, Sabtu.

Finlandia pada Jumat mengatakan telah setuju untuk menyewa kapal penyimpanan dan regasifikasi dari Excelerate Energy yang berbasis di AS untuk membantu menggantikan pasokan Rusia, mulai kuartal keempat tahun ini.

Kapal mengubah supercooled, liquefied natural gas (LNG), yang tiba di kapal, kembali menjadi gas biasa.

TAGS : Rusia Gazprom Ekspor Gas Finlandia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :