Jum'at, 19/04/2024 12:00 WIB

Iran Minta Keringanan Sanksi untuk Ekspor Gas ke Eropa

Iran minta keringanan sanksi untuk ekspor gas ke Eropa.

Bendera Iran melambai di depan markas Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina, Austria pada 23 Mei 2021. (Foto: Reuters/Leonhard Foeger)

JAKARTA, Jurnas.com - Iran berharap sanksi Amerika Serikat (AS) dilonggarkan atau dicabut untuk memungkinkannya menjual gas alam ke Eropa, mengurangi kekurangan di benua itu karena ekspor energi Rusia dibatasi.

"Mengingat masalah pasokan energi Eropa yang dipicu oleh krisis Ukraina, Iran dapat menyediakan kebutuhan energi Eropa jika sanksi terhadapnya dicabut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanani.

Iran terlibat dalam pembicaraan dengan kekuatan dunia untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 yang ditinggalkan AS secara sepihak pada 2018, dengan Teheran mendorong pencabutan sanksi ekonomi AS.

"Kami berharap kesepakatan akan dicapai untuk membiarkan Iran memainkan peran yang lebih efisien, dengan tujuan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk negara-negara di seluruh dunia dan untuk negara-negara Eropa," kata Kanani dalam konferensi pers mingguan.

Negeri Para Mullah memiliki cadangan gas alam terbesar kedua di dunia, setelah Rusia, tetapi tidak memiliki infrastruktur untuk meningkatkan ekspor, yang saat ini terbatas ke Irak dan Turki.

Iran dan enam pihak lain dalam perjanjian nuklir 2015, Inggris, China, Prancis, Jerman, Rusia, dan AS, telah merundingkan kembalinya perjanjian tersebut.

Ini memberi Iran keringanan sanksi dengan imbalan pembatasan pada program nuklirnya untuk menjamin bahwa Teheran tidak dapat mengembangkan senjata nuklir - sesuatu yang selalu ditolaknya.

Sumber: Alarabiya News

KEYWORD :

Iran Ekspor Gas Uni Eropa Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :