Senin, 06/05/2024 19:53 WIB

Bupati Jayapura Protes Risma: Jangan "Langkahi" Pemda dalam Memberi Bantuan ke Daerah

Jangan tiba-tiba datang lalu buat rencana.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw

Jayapura, Jurnas.com - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw melayangkan protes keras kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang berencana membantu pembangunan rumah masyarakat korban banjir bandang Jayapura tanpa melakukan koordinasi dengan Pemda Jayapura terlebih dahulu.

Mathius menegaskan, lokasi yang didatangi Risma bersama masyarakat tanpa melibatkan Pemda untuk melakukan pembangunan berpotensi menimbulkan konflik.

"Terus terang kami kecewa. Bukan soal perhatiannya karena membantu tentu saja baik, tetapi mekanisme kerja Bu Mensos yang tidak koordinasi dengan kami ataupun dengan BNPB sebagai penanggung jawab itu yang akan menimbulkan masalah," ungkap Mathius, Senin (9/8/2021).

Ia mengingatkan, apa pun terkait rencana di daerah tentu perlu diketahui Pemda setempat karena Pemda pasti paham daerahnya. Jangan tiba-tiba datang lalu buat rencana.

Cara semacam ini, lanjut Mathius, secara kenegaraan tentu tidak baik dan seakan-akan tidak ada koordinasi antara Kemensos dengan BNPB di Jakarta. "Ini yang sangat kami sesalkan," tandas Mathius. 

Dijelaskan Mathius, kedatangan Risma pada Sabtu (7/8/2021) ke Jayapura dan langsung ke lokasi rencana pembangunan rumah tanpa melibatkan Pemda atau sepengetahuan BNPB tentu akan menimbulkan konflik.

Sebagai pihak yang tahu kondisi di lapangan dan daerah, lanjut Mathius, tentu saja Kepala Daerah merasa dilangkahi dan seolah tidak dihargai.

"Jadi jangan juga karena punya hubungan dengan orang-orang tertentu yang sebenarnya tidak paham kondisi, lalu kita datang begitu saja. Toh Kemensos juga pakai APBN dan jalur kerjanya harus jelas dengan kami di Pemerintah Daerah. Bukan main langsung begitu saja," tegasnya.

Atas kejadian ini, Mathius mengaku sudah menyampaikan juga ke BNPB agar di antara Kementerian dan Lembaga perlu koordinasi jika memiliki program di daerah.

"Kan ada BNPB dan Pemda Jayapura yang selama ini sudah melakukan perencanaan pembangunan rumah para korban bencana banjir. Jika Kemensos mau ikut bantu ya dengan senang hati, tetapi ikuti jalurnya, jangan main langsung dengan masyarakat. Atau jika ternyata bermasalah kami tidak tanggung jawab," ungkap Mathius.

Sebelumnya pada Sabtu akhir pekan kemarin, Mensos Tri Rismaharini ditemani Ketua FKUB Provinsi Papua Pendeta Lipius Binuluk mendatangi lokasi atau lahan yang direncanakan untuk dibangun rumah bagi para korban bencana banjir Jayapura tahun 2019.

Lipius pada kesempatan tersebut menjelaskan kepada Risma status lahan yang ada di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura tersebut.

"Sekali lagi ini tidak etis juga. Pemerintah pusat main sendiri begini tanpa koordinasi dengan Pemda. Jika ternyata lahannya bermasalah dan menimbulkan konflik apa Ibu Mensos mau tanggung jawab? Kan ujungnya kami Pemda juga yang nanti akan turun," pungkas Mathius. 

KEYWORD :

Tri Rismaharini Menteri Sosial bantuan Mathius Awoitauw Jayapura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :