Senin, 04/03/2024 04:51 WIB

PERABOI Gelar Vaksinasi Massal Khusus Pasien Kanker

Ketua Pengurus Pusat PERABOI, dr. Walta Gautama, SpB(K)Onk mengatakan vaksinasi massal bagi pasien kanker ini merupakan salah satu upaya PERABOI, agar pasien kanker diprioritaskan mendapatkan vaksinasi Covid-19.

PERABOI menggelar vaksinasi massal bagi pasien kanker (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi (PERABOI) bekerja sama dengan Komando Distrik Militer 0510/Tigaraksa Kodam Jaya Kabupaten Tangerang, menggelar vaksinasi massal yang menyasar pasien kanker.

Kegiatan yang dilaksanakan di The Springs Club Summarecon Serpong, Tangerang Selatan pada Minggu (8/8) pagi ini diikuti lebih dari 700 pasien kanker.

Ketua Pengurus Pusat PERABOI, dr. Walta Gautama, SpB(K)Onk mengatakan vaksinasi massal bagi pasien kanker ini merupakan salah satu upaya PERABOI, agar pasien kanker diprioritaskan mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Pasalnya, di Italia dan Prancis, angka kematian pasien kanker yang terkena Covid-19 cukup tinggi dibandingkan pasien normal.

"Angka kematian pasien dengan kanker kena Covid-19 jumlahnya 26 persen, sedangkan orang normal hanya 4-5 persen," kata Walta dalam sesi konferensi pers kepada awak media.

Bahkan, dalam penelitian yang dilakukan di tiga rumah sakit besar di Indonesia yakni Rumah Sakit Kanker Dharmais, RS Hasan Sadikin Bandung, dan RS Sanglah Bali, menunjukkan bahwa angka kematian pasien kanker dengan Covid-19 berkisar antara 20-30 persen.

"Itu sebabnya kami memilih bakti sosial berupa vaksinasi massal bagi pasien kanker," jelas Walta.

Ketua Paniti Pelaksana, Abdul Rachman menyebut sasaran kegiatan vaksinasi massal ini meliputi pasien kanker dan keluarganya yang tinggal di Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya. Pendaftaran dilakukan sebelum secara secara daring, guna mencegah kerumunan.

"Antusiasme pasien dan penyintas kanker sangat besar, sehingga kami harus melakukan sistem buka-tutup pendaftaran online untuk menjamin ketersediaan vaksin untuk semua yang telah terdaftar," ujar Abdul.

Sosialisasi acara dilakukan bekerja sama dengan komunitas suportif kanker seperti Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Cancer Information and Support Center Association (CISC), Pita Pink, Lovepink, dan Komunitas Peduli Kanker Payudara.

KEYWORD :

PERABOI Vaksinasi Massal Pasien Kanker Komorbid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :