Rabu, 22/09/2021 06:20 WIB

Ini Lokasi Vaksinasi Gratis Covid-19 di Jakarta dan Bandung

Nah itulah tadi info mengenai berbagai tempat yang menyediakan vaksinasi Covid-19 secara gratis, baik untuk masyarakat yang berdomisili di kota tersebut maupun masyarakat umum tanpa perlu surat domisili.

Ilustrasi pendamping desa saat mengawal vaksinasi Covid-19. Foto: kemendespdtt/jurnas.com

Jakarta, Jurnas.com - Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu cara untuk melindungi diri dari potensi terpapar virus corona. Pemerintah pun telah menginisiasi program vaksinasi Covid-19 nasional sejak awal 2021 hingga kini sebagai salah satu upaya untuk meredakan laju penyebaran virus ini sekaligus melindungi kesehatan masyarakat.

Semakin kesini, kesadaran masyarakat untuk divaksin semakin tinggi sehingga muncul lebih banyak sentra vaksinasi untuk mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat. Terlebih lagi saat ini sertifikat vaksin Covid-19 sudah jadi salah satu syarat penerbangan yang wajib dimiliki agar bisa terbang ke kota tujuan.

Jika Anda belum vaksin, saat ini adalah waktu yang tepat karena ada banyak tempat vaksin yang bisa Anda datangi. Bagi Anda yang belum tahu, yuk cek cara daftar vaksin di berbagai lokasi di Jakarta dan Bandung.

Jakarta dan sekitarnya

Sebagai salah satu kota dengan tingkat kasus aktif yang tinggi, ada banyak lokasi vaksin di Jakarta yang bisa Anda kunjungi.

  • Daftar online melalui aplikasi Jaki di berbagai lokasi yang tersedia
  • Daftar online melalui website loket.com dan pilih lokasi vaksinasi yang tersedia saat ini, yaitu BBPK Hang Jebat, Capitol Park Residence dan SIS Kelapa Gading yang membuka jadwal vaksinasi hingga 31 Juli 2021.
  • Lokasi vaksin di Jakarta paling terbaru adalah di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di Terminal 2 dan Terminal 3. Anda yang ingin mendapat vaksin di bandara harus mendaftar lewat aplikasi Traveloka sehari sebelum jadwal vaksin yang diinginkan. Vaksinasi di bandara ini terbuka untuk umum usia 18 tahun ke atas tanpa perlu melampirkan surat domisili. Vaksinasi dosis pertama dilakukan pada 12-25 Juli 2021.
  • Bagi warga Tangerang Selatan, ada jadwal vaksin tanggal 26-27 Juli 2021 yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tangsel. Anda bisa daftar di id/vaksintangsel dan lokasi vaksin berada di Sinarmas World Academy CBD Lot XV BSD City.

Bandung dan sekitarnya

Sebagai salah satu wilayah yang mendapat kenaikan tertinggi kasus positif Covid-19 belakangan ini, Kota Bandung dan sekitarnya juga terus memberikan vaksin gratis untuk anak sekolah maupun umum yang memenuhi syarat.

Ada banyak sekali lokasi vaksinasi Covid-19 gratis di Bandung yang bisa Anda pilih dan wajib daftar online karena tidak menerima yang go show alias langsung ke lokasi tanpa mendaftar online terlebih dahulu.

Lokasi vaksinasi Covid-19 yang ada di Bandung saat ini adalah sebagai berikut.

  1. RSAU dr. M. Salamun

Vaksinasi di rumah sakit ini terbuka untuk seluruh masyarakat Jawa Barat. Pendaftaran vaksin dibuka pada Senin 19 Juli 2021 dan vaksinasi akan dilaksanakan H+2 setelah Anda berhasil mendaftar.

Jika memiliki KTP non Jabar maka Anda bisa melampirkan surat keterangan domisili dari RT/RW setempat. Kuota vaksin yang tersedia adalah 300 dosis setiap hari dan Anda Wajib daftar online untuk mendapatkannya.

Cara mendaftar vaksinasi di rumah sakit ini adalah sebagai berikut

  • Mendaftar di link http://rsaumsalamun.com/
  • Usia minimal 18 tahun
  • Membawa KTP asli
  • Tidak sedang terpapar Covid-19
  • Jika memiliki riwayat penyakit/komorbid harap membawa surat rekomendasi dari dokter
  1. Universitas Pasundan (Unpas)

Vaksinasi ini terbuka bagi mahasiswa Unpas dan masyarakat umum yang memiliki KTP Kota Bandung dan akan dilakukan pada 4-8 Agustus 2021. Lokasi vaksin berada di Kampus IV Unpas dan wajib mendaftarkan diri di link https://bit.ly/VaksinasiUnpasBandung maksimal hingga tanggal 19 Juli 2021.

  1. Sentra Vaksinasi BPBD Jabar Kota Cimahi

Berlokasi di Cimahi Technopark, vaksinasi di tempat ini sudah dimulai sejak 14 Juli lalu hingga 10 September 2021 mendatang. Vaksinasi di sini terbuka untuk masyarakat umum usia 18-49 tahun dan hanya melayani penerima vaksin dosis pertama. Anda bisa mendaftar lewat link www.sentravaksincimahi.id.

  1. SMAN 3 Bandung

Vaksinasi ini akan dilakukan pada Sabtu, 7 Agustus 2021 di SMAN 3 Bandung. Vaksinasi ini terbuka untuk usia 12 tahun ke atas dan menyasar siswa SMAN 3 Bandung, karyawan dan pedagang di sekolah tersebut, anggota dan keluarga alumni SMAN 3 Bandung, Ikatan Alumni FK Unpad, Ikatan Alumni FEB Unpad, Le93nd, dan ITB 95.

Jika Anda termasuk golongan di atas, silakan mendaftarkan diri di link https://bit.ly/VaksinRereonganBDGlawanCOVID  untuk mendapat vaksinasi Covid-19 di sini.

Nah itulah tadi info mengenai berbagai tempat yang menyediakan vaksinasi Covid-19 secara gratis, baik untuk masyarakat yang berdomisili di kota tersebut maupun masyarakat umum tanpa perlu surat domisili. Asalkan WNI dan sudah cukup umur serta kondisi tubuh sehat maka sudah bisa menerima vaksin.

Selain untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi yang diperlukan untuk syarat perjalanan terbaru saat PPKM darurat maupun mikro vaksin juga penting untuk menciptakan kekebalan komunal (Herd immunity) agar pandemi bisa segera diatasi dan kita semua bisa kembali beraktivitas dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

TAGS : Pandemi Corona Vaksin Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :