Rabu, 01/05/2024 12:04 WIB

Keempat Presiden AS Ini Mati Mengenaskan

Beberapa presiden yang pernah menjabat, mengalami kematian yang mengenaskan, bahkan disaat mereka tengah menduduki kursi kepresidenan.

Presiden J. F. Kennedy (foto: Huffington)

New York - Para pendukung Donald Trump bersorak saat electoral vote siang ini mencatatkan nama Trump sebagai pemegang kursi Presiden AS hingga empat tahun ke depan. Kemenangan Trump berhasil menggeser Hillary Clinton yang sebelumnya digadang-gadang akan menjadi presiden pertama wanita di negeri Paman Sam tersebut. Trump tercatat sebagai Presiden AS ke-45 setelah Barrack Obama yang menjabat hingga dua periode.

Menjadi Presiden AS bukanlah sebuah posisi yang paling aman. Setidaknya jika melihat sejarah, beberapa presiden yang pernah menjabat, mengalami kematian yang mengenaskan, bahkan disaat mereka tengah menduduki kursi kepresidenan. Dari penelusuran Jurnas.com, berikut beberapa di antaranya:

  1. Abraham Lincoln

Pembunuhan Presiden Lincoln berlangsung pada hari Jumat, 14 April 1865 sekitar 22:15. Presiden Lincoln ditembak sekali tepat di belakang kepalanya dengan peluru kaliber 44 oleh John Wilkes Booth, seorang aktor terkenal dan simpatisan Konfederasi Teater Ford, Washington DC pada tanggal 14 April 1865.

  1. James A. Garfield

Pembunuhan Presiden Garfield berlangsung di Washington, DC, sekitar pukul 09:30 tepat pada hari Sabtu, 2 Juli 1881. Garfield termasuk salah satu presiden yang memerintah dengan masa jabatan yang paling singkat. Ia meniggal kurang dari empat bulan setelah ia menjabat. Charles J. Guiteau menembaknya dua kali, sekali di lengan kanannya dan yang lainnya di punggung, dengan senjata 0,442 Webley British Bulldog revolver. Peristiwa ini terjadi saat presiden tiba di Baltimore dan Potomac Railroad Station. Garfield meninggal sebelas minggu kemudian, pada 19 September 1881 pukul 22:35, dengan diagnosa komplikasi yang disebabkan oleh infeksi.

  1. William McKinley

Presiden McKinley dibunuh  Jumat, 6 September 1901 pukul 16:07, di Kuil Musik di Buffalo, New York. Saat itu, McKinley yang sedang menghadiri Pan-American Exposition ditembak dua kali di bagian perut oleh Leon Czolgosz, yang dipersenjatai dengan revolver kaliber 32. Peluru pertama sempat memantul dari jaket McKinley namun tembakan kedua menusuk perutnya. McKinley meninggal tujuh hari setelah kejadian itu, pada 14 September 1901, pukul a 2:15, setelah kondisinya badannya menurun.

  1. John F. Kennedy

Inilah pembunuhan yang paling membekas dalam ingatan warga Amerika saat ini. Pembunuhan Presiden Kennedy berlangsung pada Jumat, 22 November 1963, di Dallas, Texas, pukul 12:30. Kennedy ditembak dua kali di bagian leher dan kepalanya dengan senjata sniper, saat melakukan blusukan dengan istrinya Jacqueline, dalam iring-iringan melalui Dealey Plaza. Ia secara resmi dinyatakan meninggal 30 menit setelah penembakan oleh pihak Parkland Memorial Hospital. Pembunuhan ini pun kemudian direkam dan difilmkan oleh Dallas.

KEYWORD :

Presiden Amerika Mati daftar presiden amerika Pemilu AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :