Rabu, 04/08/2021 19:16 WIB

Sering Rasa Nyeri Haid, Apakah Menderita Endometriosis?

Bila rasa nyeri tersebut cukup hebat dan berhari-hari maka patut untuk di waspadai apakah Anda menderita Endometriosis

Ilustrasi wanita alami rasa sakit saat haid (foto: suara)

Jakarta, Jurnas.com – Perempuan yang sedang mengalami haid seringkali merasa sakit dibagian perut. Normal saja bila rasa nyeri hanya terjadi satu atau dua hari. Namun bila rasa nyeri tersebut cukup hebat dan berhari-hari maka patut untuk di waspadai apakah Anda menderita Endometriosis.

Endometriosis merupakan penyakit kronis progresif yang diderita oleh perempuan usia produktif yang memerlukan pengobatan jangka panjang dan komitmen tinggi pasien.

Wakil Direktur Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI) Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko mengatakan, penyakit endometriosis dapat menyebabkan keluhan nyeri haid kronik sehingga menghambat produktivitas perempuan dan bahkan mengganggu keharmonisan keluarga.

“Oleh karena itu, mengenali tanda-tanda Endometriosis sejak dini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam penanganan kasus endometriosis yang sangat kompleks,“ jelas Budi.

Semakin dini diagnosa, semakin cepat pasien menjalani pengobatan. Tanpa diagnosa, penyakit tidak hanya dapat berkembang, namun akan berdampak pada kualitas kesehatan dan hidup pasien.

Merujuk pada data RSCM tahun 2010 – 2011, sebanyak 43.4% pasien endometriosis merasakan nyeri berat yang berakibat tidak dapat beraktivitas sehari–hari, 36.7% merasa nyeri derajat sedang dengan keterbatasan aktivitas sehari–hari, dan 20% pasien dengan nyeri derajat ringan.

Terkait pentingnya pemberdayaan pasien (Patient Empowerment), Wenny Aurelia, pendiri komunitas Endometriosis Indonesia menyatakan, “Endometriosis merupakan penyakit yang butuh kesabaran dan kepatuhan dalam menjalani pengobatan. Dalam menjalankan terapinya tersebut, mereka sangat butuh dukungan dari sesama pasien sehingga mereka tidak merasa sendirian dalam berjuang melawan Endometriosis.”

“Oleh sebab itu, kami berharap dengan berdirinya Endometriosis Indonesia pada 2015, komunitas ini bisa menjadi wadah berdiskusi, saling memberikan informasi yang benar tentang Endometriosis, sharing tentang pengalaman dan Dokter-Dokter yang berpengalaman di bidang ini, dan yang paling penting sebagai wadah untuk saling support antar pasien,” tutupnya.

TAGS : Endometriosis Nyeri Haid




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :