Jum'at, 17/05/2024 21:50 WIB

Nike Banjir Kritik di Medsos China atas Pernyataan soal Xinjiang

Topik seputar pernyataan Nike termasuk di antara trending tertinggi di media sosial seperti Twitter di China, Weibo pada Kamis, dan badai media sosial memiliki dampak yang lebih luas.

Sepatu Nike Moon Shoe (Foto Ilustrasi: CNA)

Beijing, Jurnas.com -  Kemarahan terhadap Nike Inc meletus di media sosial Tiongkok pada Rabu malam (24/3) setelah netizen Tiongkok melihat pernyataan dari raksasa barang-barang olahraga yang mengatakan pihaknya prihatin dengan laporan kerja paksa di Xinjiang

Disadur dari Reuters, pihak Nika dalam pernyataan mengatakan tidak menggunakan kapas dari wilayah tersebut.

Topik seputar pernyataan Nike termasuk di antara trending tertinggi di media sosial seperti Twitter di China, Weibo pada Kamis, dan badai media sosial memiliki dampak yang lebih luas.

Aktor populer Tiongkok Wang Yibo memutuskan kontraknya sebagai perwakilan Nike sebagai tanggapan atas kritik media sosial atas pernyataan Xinjiang, kata agensinya dalam sebuah pernyataan di Weibo, Kamis.

Tidak jelas kapan Nike mengeluarkan pernyataannya, yang tidak memiliki tanggalnya, dan Nike tidak segera bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

"Kami prihatin dengan laporan kerja paksa di, dan terkait dengan, Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang (XUAR)," kata Nike dalam pernyataan itu.

"Nike tidak mengambil produk dari XUAR dan kami telah mengonfirmasi dengan pemasok kontrak kami bahwa mereka tidak menggunakan tekstil atau benang pintal dari wilayah tersebut," sambung dia.

Itu terjadi setelah Uni Eropa, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada pada hari Senin memberlakukan sanksi terhadap pejabat China atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang. China membalas dengan sanksi terhadap anggota parlemen dan institusi Eropa.

Setidaknya satu pengecer online China tampaknya menjatuhkan produk H&M di tengah serangan media sosial pada hari Rabu terhadap perusahaan Swedia tersebut karena mengatakan pihaknya sangat prihatin tentang laporan kerja paksa di wilayah paling barat Xinjiang.

KEYWORD :

Nike Xinjiang China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :