Jum'at, 26/04/2024 14:05 WIB

Komisi X Sindir Kemendikbud Soal Serapan Anggaran Kuota Internet

Realisasi serapan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) tahun 2020 yang mencapai 91,61 persen diacungi jempol Komisi X DPR RI.

Anggota Komisi X DPR RI dari F-PDIP, Sofyan Tan

Jakarta, Jurnas.com - Realisasi serapan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) tahun 2020 yang mencapai 91,61 persen diacungi jempol Komisi X DPR RI.

Meski belum mencapai rata-rata secara nasional yakni sebesar 94,60 persen, Kemendikbud mampumenyerap anggaran sebesar Rp79 triliun dari total Rp86,2 triliun.

“Kami memandang realisasi APBN 2020 yang mencapai 91,61 persen ini kami anggap sebagai satu keberhasilan yang luar biasa,” jelas anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan saat mengikuti Rapat Kerja dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1).

Menurut Sofyan, serapan anggaran sebesar itu merupakan suatu keberhasilan yang luar biasa, mengingat banyaknya penyesuaian dan kendala yang dihadapi pada masa pandemi Covid-19 ini. 

Selain itu, politisi PDIP ini juga mengapresiasi capaian Kemendikbud dalam bidang bantuan sosial yang mencapai realisasi sebesar 99,85 persen.

“Capaian yang dilakukan oleh Kemendikbud terutama di bidang bantuan sosial ini cukup sangat baik. Karena hampir mencapai 99 persen lebih,” ujar Sofyan. 

Kendati begitu, Sofyan juga menyayangkan serapan anggaran kuota internet yang hanya mencapai 59,22 persen atau hanya terealisasi Rp35,5 miliar dari target anggaran Rp 60,1 miliar.

Ke depannya, legislator dapil Sumatera Utara I tersebut berharap serapan anggaran kuota internet ditingkatkan agar menjadi solusi permasalahan kesulitan terhadap kuota internet di tengah pembelajaran jarak jauh yang masih berlangsung hingga kini. 

“Catatan kami adalah bahwa (serapan anggaran untuk) kuota internet hanya mencapai 59,22 persen, nah kemudian tentu hal ini perlu diperbaiki dikemudian hari,” demikian Sofyan. 

KEYWORD :

Komisi X DPR Kemendikbud Anggaran Kuota Internet Sofyan Tan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :