Minggu, 28/04/2024 19:02 WIB

Lorenzo Salahkan Ban Produk Michelin

Lorenzo sebenarnya berpeluang mendapatkan podium dua. Akan tetapi, lima putaran jelang berakhirnya balapan, ia tergelincir keluar ketika hendak menikung.

Motegi - Pebapap MotoGP Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, menyalahkan performa cengkraman ban motornya menjadi penyebab dirinya tergelincir jelang lima putaran akhir finis saat membala di GP Motegi, Jepang, kemarin.

Lorenzo sebenarnya berpeluang mendapatkan podium dua. Akan tetapi, lima putaran jelang berakhirnya balapan, ia tergelincir keluar ketika hendak menikung. Lorenzo mengatakan bahwa faktor ban membuatnya kesulitan sepanjang balapan.

"Ada banyak sekali getaran, plus saya juga tak boleh terlambat mengerem, hal ini karena saya sangat sukar mendapatkan suhu ban yang sesuai," kata Lorenzo kepada  GP One.

Menurut Lorenzo, ia sempat melihat Andrea Dovizioso mengejarnya dan berusaha memacu motornya lebih cepat. Tapi malah kehilangan kendali.  "Saya tak mengendarai motor dengan baik karena ban depan. Saya memang bisa bersaing, tapi saya kehilangan kepercayaan diri di zona pengereman."

"Ini sangat disayangkan, karena kami memiliki peluang besar untuk menang di sini. Ban memang membatasi kondisi kami."

Lorenzo berharap agar kondisi ban inilah yang di kemudian hari diperbaiki Michelin yang menjadi  produsen ban yang menggantikan Bridgestone sebagai pemasok MotoGP mulai musim ini.

"Saya kira Michelin mengeluarkan upaya yang hebat, tapi belum cukup. Ada banyak sekali kecelakaan dan juga masalah daya cengkram ban. Saya harap segera akan ada perbaikan."

Kegagalan Lorenzo dan rekan setimnya, Valentino Rossi, kemudian membuat Marc Marquez mengamankan posisinya jadi juara dunia. Total 273 poin yang dimiliki Marquez tak mungkin lagi terkejar oleh Rossi atau pun Lorenzo dengan hanya tiga balapan tersisa.

KEYWORD :

MotoGP Marquez Jorge Lorenzo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :