Kamis, 05/08/2021 17:49 WIB

Meccaya Pharmaceutical Mulai Lirik Pasar Asia Tenggara

Dengan sertifikasi standar mutu taraf internasional tersebut, Meccaya optimistis dapat menembus pasar internasional.

Meccaya Pharmaceutical meraih ISO 9001:2015 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – PT Meccaya Pharmaceutical telah lulus uji untuk pemenuhan standar mutu sertifikasi ISO 9001:2015. Dengan sertifikasi standar mutu taraf internasional tersebut, Meccaya optimistis dapat menembus pasar internasional.

Meccaya Pharmaceutical adalah perusahaan Pharma Dermatology terdepan di Indonesia yang mendedikasikan diri dalam bidang dermatologi, serta pengembangan solusi untuk permasalahan kulit masyarakat Indonesia.

Presiden Direktur PT Meccaya Pharmaceutical Ricky Surya Prakasa mengatakan, sertifikasi ISO ini melengkapi sertifikasi CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dari BPOM, sebagai standar yang mengatur agar produk obat yang dibuat memenuhi persyaratan mutu, efikasi, dan keamanan yang sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Dia melanjutkan, standar ISO 9001:2015 adalah salah satu upaya untuk membantu sistem manajemen mutu Meccaya lebih terkoordinasi secara menyeluruh.

"Tentunya dengan melibatkan seluruh departemen di dalam perusahaan untuk berpartisipasi dalam peningkatan mutu produk dan kepuasan konsumen secara berkesinambungan dengan sasaran-sasaran mutu sebagai tolak ukur dalam menerapkan kebijakan mutu," jelas Ricky pada Rabu (14/10).

Dalam proses sertifikasi ISO 9001:2015, lanjut Ricky, Meccaya Pharmaceutical melibatkan TÜV SÜD sebagai mitra, dan seluruh manajemen perusahaan untuk berpartisipasi dalam proses persiapan dan sertifikasi ISO 9001:2015 yang mencakup pelatihan dan persiapan awal, audit internal, dan on-site audit, evaluasi dan review auditor, dan terakhir proses sertifikasi.

Proses penilaian secara garis besarnya mencakup penilaian akan kemampuan dan efektivitas sistem manajemen mutu, serta evaluasi tanggung jawab manajemen Meccaya Pharmaceutical dari segi kepatuhan akan persyaratan dan peraturan ISO9001:2015 yang berlaku, penilaian efektivitas sistem manajemen mutu Meccaya Pharmaceutical untuk mencapai sasaran mutu, dan penilaian pengendalian operasional proses termasuk audit internal.

Ricky mengungkapkan bahwa dengan sertifikasi ISO 9001:2015 dan CPOB, Meccaya Pharmaceutical kini memiliki sistem manajemen mutu yang diharapkan akan berdampak positif terhadap mutu produk-produk, termasuk Salep 88 yang sudah berumur 38 tahun.

"Peningkatan terhadap mutu dan kepuasan konsumen akan terus terlaksana secara berkesinambungan untuk kami tetap menjaga brand 88 sebagai leading brand," jelas Ricky.

Ricky berharap dengan ISO 9001:2015 TUV SUD sertifikasi yang akreditasinya diakui oleh Singapore Accreditation Council (SAC), Meccaya Pharmaceutical akan lebih siap untuk menargetkan produk-produk unggulan di ekspor ke negara Asia Tenggara.

"Harapan kami dalam kurun 5 tahun ke depan Meccaya Pharmaceutical dapat dikenal sebagai salah satu produsen produk pharma dermatology yang `trustworthy`, tidak saja untuk konsumen di Indonesia tetapi untuk konsumen di Asia Tenggara," harap Ricky.

TAGS : Meccaya Pharmaceutical Asia Tenggara Dermatologi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :