Sabtu, 16/10/2021 03:53 WIB

Kemenkes Bakal Uji Klinis Remdesivir

Kemenkes telah menunjuk PT Bio Farma (Persero) dan 22 rumah sakit yang nantinya akan melakukan pengujian

Viru corona atau COVID-19 (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal uji klinis calon vaksin corona ke pasien Covid-19. Salah satunya yang diuji adalah obat yang baru digunakan di Amerika Serikat, yakni remdesivir dan tiga jenis obat lainnya.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan, Kemenkes akan bekerja sama dengan National Institutes of Health (NIH), Amerika Serikat untuk uji klinis ini. Kemenkes telah menunjuk PT Bio Farma (Persero) dan 22 rumah sakit yang nantinya akan melakukan pengujian

"Indonesia juga terlibat dalam penelitian global Solidarity Trial dengan WHO untuk menguji empat kandidat obat yaitu remdesivir untuk obat ebola, lopinavir dan ritonavir obat untuk HIV/AIDS dan kombinasi obat hidroksiklorokuin untuk obat malaria," kata Oscar dalam rapat kerja dengan Komisi VI, VII dan IX secara virtual, Selasa (5/5/2020).

Selain obat-obatan, Indonesia juga terlibat dalam beberapa uji klinis untuk beberapa jenis perawatan Covid-19 seperti melakukan uji coba vaksin yang bekerja sama dengan Wuhan Institute of Biological Products di China.

Cara perawatan lainnya yang juga saat ini sedang dalam proses uji klinis adalah perawatan dengan plasma konvalesen. Terapi ini dengan menggunakan plasma darah dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dan diberikan kepada pasien yang sedang sakit.

Oscar mengatakan, saat ini uji klinis masih dilakukan dengan kerja sama antara PMI-Lembaga Eijkman dan RSPAD Gatot Subroto. Terapi perawatan dengan plasma ini sedang menunggu izin etikal dari Kementerian Kesehatan.

TAGS : Covid-19 Remdesivir Uji Klinis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :