Rabu, 17/04/2024 02:20 WIB

PGI Ajak Umat Kristiani Hormati Umat Islam yang Berpuasa

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengajak umat Kristiani untuk menghormati umat Islam, yang saat ini sedang menunaikan kewajiban berpuasa Ramadan.

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta

Jakarta, Jurnas.com - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengajak umat Kristiani untuk menghormati umat Islam, yang saat ini sedang menunaikan kewajiban berpuasa Ramadan.

"Saya mengajak saudara-saudara non-Muslim, khususnya warga gereja, untuk menghormati saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah puasanya," ujar Ketua Umum PGI, Pendeta Gomar Gultom pada Jumat (24/4).

Gultom dalam keterangannya juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada umat Islam, dan berharap agar Ramadan yang berlangsung di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19) ini tidak mengurangi semangat berpuasa.

"Dan saya mengajak Saudara-saudara yang tidak bisa mudik karena PSBB untuk tetap mensyukuri kesucian bulan Ramadhan ini," ujar dia.

Gulton mengatakan, Ramadan merupakan bulan suci penuh berkat, yang diisi dengan ibadah mulia, yakni Puasa, sebagai wujud dari ketundukan total kepada Allah.

Dengan berpuasa, lanjut dia, umat Islam berusaha menyangkali keinginan badani dan segala pikiran, perkataan dan perbuatan yang Allah tidak kehendaki, dan sebaliknya memperbanyak amalan dan perbuatan baik.

"Ketaatan total seperti ini tidak mudah, terlebih dalam masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 saat ini," ujar dia.

"Mari bersama bahu membahu untuk keluar dari deraan Covid 19 ini, saling membantu dalam semangat kerukunan," tandas Gultom.

KEYWORD :

Persekutuan Gereja PGI Bulan Ramadan Puasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :