Minggu, 26/05/2024 15:08 WIB

Kapan Idul Fitri 2024 dan Bagaimana Umat Islam di Seluruh Dunia Merayakannya?

Kapan Idul Fitri 2024 dan Bagaimana Umat Islam di Seluruh Dunia Merayakannya?

Umat Muslim Palestina melaksanakan salat Idul Fitri subuh, menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan di Kota Gaza pada 2 Mei 2022 . (FOTO: AFP)

JAKARTA - Bulan baru belum terlihat pada Senin malam (8/4/2024) setelah salat Maghrib, umat Islam di Arab Saudi dan negara-negara tetangga akan berpuasa satu hari lagi, menyelesaikan 30 hari Ramadhan.

Hari pertama Idul Fitri selanjutnya akan dirayakan pada Rabu, 10 April 2024.

Hari pertama Idul Fitri ditentukan dengan terlihatnya bulan sabit yang menandai awal bulan Syawal, bulan ke 10 penanggalan Islam (Hijriah).

Bulan lunar berlangsung antara 29 dan 30 hari sehingga umat Islam biasanya harus menunggu hingga malam sebelum Idul Fitri untuk memverifikasi tanggalnya.

Negara-negara lain mengikuti penampakan independen.

Ketika penampakan tersebut telah diverifikasi, Idul Fitri diumumkan di televisi, stasiun radio, dan di masjid-masjid.

Bagaimana umat Islam merayakan Idul Fitri?

Secara tradisional, Idul Fitri dirayakan selama tiga hari sebagai hari libur resmi di negara-negara mayoritas Muslim. Namun, jumlah hari libur berbeda-beda di setiap negara.

Umat Islam mengawali perayaan Idul Fitri dengan mengikuti ibadah salat yang dilakukan sesaat setelah fajar, dilanjutkan dengan khotbah singkat.

Dalam perjalanan menuju salat, yang secara tradisional diadakan di tempat terbuka, umat Islam membaca takbirat, memuji Tuhan dengan mengucapkan “Allahu Akbar”, yang berarti “Tuhan Maha Besar”.

Merupakan kebiasaan untuk makan sesuatu yang manis sebelum shalat, seperti biskuit berisi kurma yang dikenal sebagai maamoul di Timur Tengah.

Festival khusus ini dikenal sebagai Idul Fitri yang “manis” – dan pembagian manisan adalah hal yang umum di dunia Muslim.

Umat Muslim biasanya menghabiskan hari itu dengan mengunjungi kerabat dan tetangga dan menerima permen saat mereka berpindah dari rumah ke rumah.

Setiap negara memiliki makanan penutup dan manisan tradisional yang disiapkan sebelum Idul Fitri atau pada pagi hari pertama.

Anak-anak, yang mengenakan pakaian baru, ditawari hadiah dan uang untuk merayakan acara yang menggembirakan itu.

Anak perempuan dan perempuan di banyak negara menghiasi tangan mereka dengan pacar. Perayaan Idul Fitri dimulai pada malam sebelumnya saat para wanita berkumpul di lingkungan sekitar dan pertemuan keluarga besar untuk mengaplikasikan henna.

Di beberapa negara, keluarga mengunjungi kuburan untuk memberikan penghormatan kepada anggota keluarga yang telah meninggal tepat setelah salat subuh.

Negara-negara mayoritas Muslim menghiasi kota mereka dengan lampu dan mengadakan perayaan untuk memperingati akhir bulan puasa.

Idul Fitri di tengah gempuran Gaza

Bagi sekitar 2,3 juta warga Palestina di Gaza pada Idul Fitri tahun ini, ini akan menjadi hari raya keagamaan Muslim pertama setelah lebih dari 33.000 orang tewas dalam serangan Israel.

Dengan sedikit bantuan makanan, dan sangat terbatasnya air, Idul Fitri di Gaza akan terperosok dalam kehancuran di tengah serangan yang terus berlanjut.

Apa saja ucapan Idul Fitri yang umum?

Ucapan yang paling populer adalah “Idul Fitri” (Idul Fitri yang Berkah) atau “Idul Fitri” (Selamat Idul Fitri). Ucapan selamat Idul Fitri pun berbeda-beda tergantung negara dan bahasanya. (*)

 

KEYWORD :

Idul Fitri 2024 Ramadhan Syawal puasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :