Sabtu, 18/05/2024 14:37 WIB

Sambangi Taruna Akmil, Megawati Bangkitkan Semangat Bela Negara

Dedikasi itu harus selamanya. Tidak dengan berpikir. Jadi kalau ditanya akan spontan

Megawati Soekarnoputri

Magelang, Jurnas.com - Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri memberikan pesan tegas kepada taruna-taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang agar menanamkan semangat bela negara di tengah kecamuk paham radikalisme yang mulai marak.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberi kuliah umum di hadapan taruna dan taruni Akmil, usai meresmikan patung Presiden RI pertama Ir. Sukarno di hall utama Akmil, Magelang, Jumat (7/2/2020).

Megawati menduga banyak yang masuk ke Akmil dan menjadi calon perwira TNI dengan alasan pragmatis. Semisal karena biaya pendidikan di sekolah itu tak mahal.

"Sekarang, kalau masuk ke lapangan, akan makin sulit. Dan disitulah pertarungan jiwa kita untuk bertahan tadi. Dedikasi keyakinan, bahwa mau membela negara," ungkap Megawati. 

Dia pun sempat menyinggung soal adanya istri prajurit TNI yang terpapar radikalisme. Karenanya, Megawati meminta bahwa semangat bela negara itu didedikasikan. Bukan hanya, dipikirkan saja. 

"Dedikasi itu harus selamanya. Tidak dengan berpikir. Jadi kalau ditanya akan spontan. Beda lho. Akan keliatan body language-nya," ujar Megawati.

KEYWORD :

Taruna Akmil Megawati Soekarnoputri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :