Minggu, 28/04/2024 14:35 WIB

Turki Tangkapi Tentara dan Hakim ProKudeta

Sejumlah pangkalan militer digerebek untuk mencari pendukung kudeta.  Lebih dari 3.000 tentara telah ditahan dan beberapa 2.700 hakim telah dipecat.

Turki - Pasukan berwenang Turki gencar melakukan penangkapan prajurit dan perwira tinggi yang teribat dalam percobaan kudeta pemerintahan setempat. Sejumlah pangkalan militer digerebek untuk mencari pendukung kudeta. Sementara itu, aksi unjuk rasa penentangan kudeta juga terjadi di jalan-jalan.

Saat ini, laporan dari media setempat menyebutkan, lebih dari 3.000 tentara telah ditahan dan beberapa 2.700 hakim telah dipecat. Seorang komandan garnisun di wilayah Denizili Mayor Jendral Ozhan Ozbakir, dan lebih dari 50 tentara ditahan di wilayah itu pada Minggu dini hari.

Seorang hakim senior di Turki, Alparslan Altan, ditahan pada hari Sabtu. Adapun 44 hakim dan jaksa ditahan pada Sabtu di pusat kota Konya dan 92 lainnya di kota Gazientep.  Turki juga telah meminta kepada pemerintah Yunani untuk mengekstradisi delapan perwira militer yang melarikan diri dengan helikopter dan meminta suaka politik kepada Yunani

Mereka yang ditangkap adalah orang-orang yang dituduh pengikut ulama Turki yang mengasingkan diri di AS, Fethullah Gulen. Gullen dituding pemerintah Turki sebagai dalang upaya kudeta pada hari Jumat lalu. Gulen sendiri membantah tuduhan tersebut.

Sebagai rekan sesama anggota NATO, Presiden Erdogan telah meminta kepada AS untuk mengekstradisi Gullen. "Jika kita adalah mitra strategis," katanya dalam pidato televisi pada hari Sabtu (16/07), "maka Anda sepatutnya menerima permintaan kami".

Sedangkan Menteri luar negeri AS, John Kerry, saat berbicara di Luxemburg, mengatakan Turki harus "memberikan bukti yang kuat" tentang tuduhannya terhadap Gulen.  AS mendesak Turki untuk menghormati aturan hukum selama penyelidikan terhadap mereka yang dianggap terlibat upaya kudeta.

Ribuan pemrotes berkumpul pada Sabtu (16/7) di Istanbul, Ankara dan Izmir di Turki untuk memprotes upaya kudeta yang menewaskan sedikitnya 194 orang dan mengakibatkan kekacauan di kota besar negeri tersebut.  Pemrotes, sambil mengibarkan bendera, berkumpul di Bundaran Taksim di Istanbul pada Sabtu malam, dan kelompok itu juga berpawai ke arah Istiklal Avenue di Istanul Tengah. (Ant/bbc)

 

KEYWORD :

Turki Kudeta Recep Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :