Minggu, 28/04/2024 16:21 WIB

Dalai Lama Nasehati Suu Kyi

Kekerasan antara mayoritas Buddha dan minoritas Muslim dalam beberapa tahun terakhir menjadi ganjalan dalam kemajuan demokrasi di Myanmar.

Jakarta- Sosok yang konon dijadikan ikon demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi, seharusnya memunyai tanggung jawab moral untuk meredakan ketegangan antara mayoritas Buddha dan minoritas Muslim Rohingya. Bahkan penerima nobel perdamaian ini, harus secara moral mengurangi ketegangan.

"Dia sudah memiliki Nobel Perdamaian, seorang pemenang Nobel, sehingga secara moral ia harus melakukan upaya untuk mengurangi ketegangan antara komunitas Buddha dan komunitas Muslim," kata Dalai Lama dalam sebuah wawancara di Washington.

Pemimpin spiritual Tibet itu mengatakan pada Senin (13/6) bahwa ia telah menekankan masalah tersebut dalam pertemuan dengan Suu Kyi, yang kini menjabat sebagai penasihat negara setelah partainya memenangi pemilu November lalu. "Saya benar-benar mengatakan dia harus berbicara lebih terbuka."

Kekerasan antara mayoritas Buddha dan minoritas Muslim dalam beberapa tahun terakhir menjadi ganjalan dalam kemajuan demokrasi di Myanmar. Banyak kelompok hak asasi manusia yang mengkritik keengganan Suu Kyi untuk berbicara soal penderitaan etnis Rohingya.

Namun Dalai Lama mengatakan bahwa Suu Kyi merespons seruannya dengan berkata bahwa situasi betul-betul rumit. "Jadi saya tidak tahu," kata Dalai Lama.

Kelompok minoritas Muslim Rohingya dimusuhi oleh khalayak luas di Myanmar, termasuk di antaranya beberapa dalam partai Suu Kyi dan pendukungnya. Lebih dari 100 orang tewas dalam kekerasan di negara bagian Rakhine pada 2012, dan sekitar 125 ribu Muslim Rohingya, yang tak memiliki warga negara, berlindung di kamp-kamp di mana gerakan mereka sangat dibatasi. Sementara itu, ribuan lainnya telah melarikan diri dari penganiayaan dan kemiskinan negara Asia Tenggara.

Dalai Lama mengatakan beberapa biksu di Myanmar tampaknya memiliki semacam sikap negatif terhadap Muslim dan umat Buddha yang memendam pikiran seperti itu harus mengingat wajah Buddha. "Jika Buddha terjadi, ia pasti akan melindungi saudara dan saudari Muslim," katanya.

Pemerintah baru Myanmar akhir bulan lalu mengumumkan bahwa Suu Kyi akan memimpin upaya baru untuk membawa perdamaian dan pembangunan di negara bagian Rakhine. Namun tidak dirinci bagaimana masalah itu akan diatasi. (herwin/cnn)

 

KEYWORD :

Dalai Lama Nasehati Suu Kyi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :