Jum'at, 26/04/2024 00:52 WIB

Perankan Minke di Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Totalitas

Film Bumi Manusia besutan sutradara Hanung Bramantyo ini akan ditayangkan di layar kaca pada 15 Agustus mendatang. 

Para pemeran utama film Bumi Manusia besutan Hanung Bramantyo (Foto: Instagram/Falcon Pictures)

Jakarta, Jurnas.com - Film Bumi Manusia yang diangkat dari buku Mahakarya sastrawan Pramoedya Ananta Toer menjadi salah satu film yang paling dinantikan oleh pecinta film Indonesia pada tahun 2019 ini.

Buku Bumi Manusia, mcnjadi buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pramoedya. Buku ini dilulis Pram, dalam keadaan dirinya tengah diasingkan di Pulau Buru bersama ribuan tahanan politik lainnya.

Falcon Pictures merilis secara resmi poster Bumi Manusia pada Selasa (19/6). Produser Falcon Pictures Frederica mengatakan telah memberikan usaha yang terbaik pada Film Bumi Manusia dan yakin pada semua yang lerlibat sudah bekerja dengan maksimal.

"Kami sudah memberikan yang terbaik dengan melakukan riset. Semoga poster ini dapat memberikan rasa dan makna yang lebih mendalam karena ada tulisan pribadi Pramoedya Ananta Toer,“ ujar Frederica.

Hanung Bramantyo yang mendapatkan kepercayaan untuk menyutradarai film Bumi Manusia mengungkapkan rasa syukur dirinya bisa menjadi bagian dalam Film Bumi Manusia.

"Hari ini, sekelumit dari Film Bumi Manusia terhidang. Sebuah poster yang bahkan saya pribadi masih tidak menyangka kalau nama saya ada di sana. Sungguh sebuah mimpi yang menjadi kenyataan," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Astuti Ananta Toer, putr ketiga Pramoedya. Menurutnya. hadirnya poster film Bumi Manusia adalah sebuah apresiasi seni karya almarhum Pramoedya Ananta Toer. "Upaya ini adalah sebuah pengakuan," ucapnya singkat.

Sebagai pemeran tokoh Minke, Iqbaal mengungkapkan ia harus melepaskan jati dirinya agar bisa menjadi Minke.

"Sekarang jadi ebih bisa menjelaskan siapa itu Minke dibandingkan lqbaal. Karena akting itu bukan sebagai tapi menjadi. Karena kalau sebagai hanya benar-benar memainkan sedangkan kalau menjadi benar-benar menjadi orang iru. Memerankan Minke lebih banyak tantangannya dan itu tanggung jawab seorang aktor untuk bisa melepaskan dirinya," ujar Iqbaal.

Lawan main lqbaal, Mawar De Jlongh yang memerankan tokoh Anelis mengaku sangat senang bisa lerlibat dalam film Bumi Manusia. Banyak pengalaman baru yang ia dapatkan di Film ini.

“Senang bisa beradu acting dengan lqbaal dan Sha Ine. Banyak pengalaman baru dan film ini memiliki tantangan sendiri bagi saya," ungkapnya.

Sedangkan pemeran Nyai Ontosoroh, Sha lne Febryanti mengungkapkan banyak energi terkuras saat proses syuting film Bumi Manusia.

"Mungkin karena saya sudah terbiasa kerja penuh spirit. Kalau di film banyak menguras energi dibanding teater. Bisa jadi karena perbedaan ruang, film kan tidak runut, jadi tidak intens, banyak yang harus diadaptasi," jelasnya.

Sclain lqbaal Ramadhan, Sha lne Febryanti, dan Mawar De Jongh, film Bumi Manusia juga diperankan oleh Ayu Laksmi, Donny Damara, Bryan Domam, Giorgino Abraham. Skenano film ini dilulis oleh Salman Aristo.

KEYWORD :

Bumi Manusia Pramodya Ananta Toer Iqbaal Ramadhan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :