Minggu, 28/04/2024 15:41 WIB

Inovasi dan Kreativitas Jadi Kunci Berwirausaha

perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Era Digitalisasi sangat memberikan dampak besar, baik positif maupun negatif, dan itu sudah tidak bisa dipungkiri.

Plt.Ketua Umum HIPMI PT Provinsi Sulawesi Barat,Memberikan Motivasi Entherpreneur kepada Mahasiswa/i Universitas Sulawesi Barat di Aula Tasha Center Majene sulbar

Majene – Di hadapan ratusan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Sulawesi Barat dalam Seminar Kewirausahaan sekaligus Milad ke VIII Fakultas Ekonomi ‘Mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam dunia bisnis, Plt. Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Sulawesi Barat, Muliadi menekankan salah satu kunci kesuksesan dalam berwirausaha adalah inovasi dan kreativitas.

Menurut Muliadi, langkah awal yang dapat dilakukan mahasiswa untuk memulai sebuah usaha adalah dengan melihat potensi yang ada di kampus dan daerah, yang bias dijadikan referensi untuk menentukan jenis usaha apa yang hendak ingin digarap. Selain itu, mahasiswa juga harus menerus mengembangkan inovasi dan kreativitas melihat setiap peluang yang ada.

“Inovasi dan kreativitas mahasiswa/i di tengah perkembangan era digital 4.0 merupakan tantangan tersendiri bagi pengusaha pemula. Kalau kita tidak mampu mengikutinya tentu akan sulit mengembangkan usaha yang telah direncanakan,” kata alumni Universitas Tomakaka di Aula Tasha Center, Sulbar, Minggu (16/12).

Muliadi melihat bahwa sekarang ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Era Digitalisasi sangat memberikan dampak besar, baik positif maupun negatif, dan itu sudah tidak bisa dipungkiri.

“Kreatifitas dan inovasi adalah kunci untuk berkarya. Dengan memanfaatkan teknologi, merupakan modal besar untuk membuka peluang meningkatnya ekonomi,” tutur pria yang sering disapa Adi tersebut.

"Banyak dampak dari perkembangan era digital saat ini. Harusnya kita merasakan dampak positifnya. Caranya, dengan melihat peluang untuk berkreativitas dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi tersebut," tambahnya.

"Jadi ada peluang (prospek) bisnis yang terbuka lebar,” lanjutnya.

Demi mewadahi ide-ide para mahasiswa, lanjut Muliadi, BPD HIPMI PT dan BPD HIPMI Sulawesi Barat berkomitmen siap membina seluruh Mahasiswa/i di semua Perguruan Tinggi di Provinsi Sulawesi Barat melalui HIPMI PT untuk mengenal lebih jauh dunia Entrepreneur.

“Ini merupakan peluang besar yang sayang jika dilewatkan, karena kami memiliki komitmen untuk terus membina para mahasiswa/i yang memiliki tekad untuk berwirausaha,” tandasnya.

Melihat peluang yang diberikan HIPMI PT, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsulbar, Mohammad Shiddiq mengaku sangat mengapresisasi rencananya tersebut. Menurutnya, hal itu sangat bermanfaat sebagai penyemangat untuk para mahasiswa/i, khususnya bagi mereka yang telah memiliki usaha.

“Kegiatan ini dilaksanakan yaitu melihat kemudian banyak mahasiswa dari ekonomi yang mempunyai usaha-usaha kecil dan kami selaku pengurus badan eksekutif mahasiswa berinisiatif untuk membuat sebuah forum seminar untuk lebih mendongkrak semangat mahasiswa agar lebih mengembangkan usaha-usahanya tersebut dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang sudah sukses dalam berwirausaha seperti HIPMI, MACOA (Mandar Cocoa) dan dari Dosen,” ujar Shiddiq.

“Kegiatan ini bukan hanya diperuntukkan untuk yang sudah memiliki usaha-usaha kecil saja tapi untuk mahasiswa lain yang belum memiliki usaha-usaha supaya bisa terdorong untuk berwirausaha dengan adanya forum seminar ini apalagi kami dari jurusan ekonomi yang kemudian diwajibkan untuk memiliki keahlian dalam berwirausaha,” tambahnya.

Shiddiq berharap dengan adanya motivasi yang diberikan langsung oleh para pengusaha-pengusaha yang telah berhasil mengembangkan usaha mereka, dapat diaplikasikan oleh para mahasiswa/i

“Harapan kami semoga dengan adanya kegiatan ini peserta seminar bisa termotivasi untuk berwirausaha dan mengembangkan usahanya baik dalam lingkup kampus maupun lingkup masyarakat luas dan saya berharap apa yang kemudian didapatkan teman-teman mahasiswa setelah dari forum ini itu kemudian bisa diaplikasikan segera,” harapnya.

KEYWORD :

Wirausaha Muda Perkembangan ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :