Kamis, 16/05/2024 22:11 WIB

Faktor yang Buat Anak Takut Sama Orang Lain

Menghadapi anak yang penakut gampang gampang susah asal kita tau triknya maka si anak akan cepat beradaptasi, jika tidak kita hilangkan rasa takutnya

Mengajak anak saat silaturahmi tentu dibutuhkan persiapan khusus dari orang tua (Foto: Sahabat Nestle)

Jakarta - Setiap manusia pasti memiliki rasa takut, entah itu takut terhadap hewan, takut terhadap orang asing, takut kepada hantu, dan takut terhadap apapun. Namun hal tersebut membuat orang tersebut sulit untuk beraktifitas sendirian.

Pada dasarnya rasa ketakutan itu muncul pada usia anak-anak. Hal tersebut masih dianggap wajar karena seorang anak masih beradaptasi dengan lingkungan baru yang ditemuinya. Apalagi jika anak terebut bertemu dengan orang lain. Biasanya ekspresi yang ditunjukannya adalah menangis. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak takut terhadap orang lain.

Menghadapi anak yang penakut gampang gampang susah asal kita tau triknya maka si anak akan cepat beradaptasi, jika tidak kita hilangkan rasa takutnya di khwatirkan akan mempengaruhinya hingga dewasa

Berikut penyebab yang membuat anak takut terhadap oaring lain sebagaimana dilansir Cintalia:

Pola Asuh Orang Tua

Terkadang orang tua pernah mengatakan kepada anaknya, “Jangan main-main dengan orang asing”. Doktrin semacam itu akan sangat berpengaruh pada psikis anak karena yang ada dibenaknya orang lain itu berbahaya, menyeramkan, dan hal menakutkan lainnya. Oleh sebab itu, janganlah heran setiap anak melihat orang lain, dia akan takut dan berusaha menghindarinya.

Pengaruh Media

Faktor lainnya adalah dari media. Jika anak menonton film atau berita yang mengandung kekerasan, maka bisa dipastikan dia akan ketakutan. Seorang anak masih belum bisa mencerna mana tayangan yang baik maupun yang buruk. Oleh sebab itu, ketika ada seorang tokoh jahat muncul ditambah dia juga melakukan kekerasan, maka si anak akan merasa terancam psikisnya. Selain itu, karena anak masih belum tahu mana dunia film dan dunia nyata, dia akan menganggap orang lain yang penampilannya sama dengan yang ada di dalam film itu sama jahatnya.

Pengalaman Buruk Anak

Bisa jadi anak tersebut trauma saat bertemu dengan orang lain karena pengalaman buruk yang pernah dialami. Pengalaman buruk bisa saja seperti dimarahi, kekerasan secara fisik maupun mental, bahkan yang lebih parah adalah korban pelecehan seksual. Hal-hal tersebut tentu dapat membuat anak trauma dan takut jika berinteraksi dengan orang lain.

Orang Tua yang Sangat Overprotective

Orang tua yang sangat overprotective sangat memengaruhi pada mental dan kehidupan sosial anak tersebut. Sehingga, si anak akan merasa takut dan bersalah jika harus bermain atau bergaul dengan teman sebayanya. Ciri-ciri orang tua yang overprotective pada anak antara lain dengan membatasi pergaulan anaknya.

Pengaruh Lingkungan

Pengaruh lingkungan juga memiliki peran dalam pembentukan kecemasan sosial pada anak. Contohnya saja seperti ini, “Jangan bergaul dengan anak itu, nanti kamu kebawa hal-hal buruk.”. hal tersebut tentu dapat memnyebabkan pembentukan mental, sifat dan karakter seseorang. Sehingga, anak tersebut akan takut bergaul dan takut bersosialisasi

KEYWORD :

Tips Kesehatan Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :