Minggu, 19/05/2024 02:20 WIB

Kemnaker Bangun Sistem Layanan Informasi Ketenagakerjaan

Sistem informasi ketenagakerjaan dibuat untuk memberi kemudahan kepada masyarakat.

Ilustrasi buruh

Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sedang membangun sistem informasi ketenagakerjaan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat pengguna.

Kepala Badan Perencanaan Pengembangan Ketenagakerjaan Kemenaker, Khairul Anwar mengungkapkan, bahwa sistem informasi ketenagakerjaan dibuat untuk memberi kemudahan kepada masyarakat, baik dari sisi perusahaan maupun kelembagaan pendidikan, pelatihan dan masyarakat umum.

“Nanti misalnya mahasiswa mau minta fasilitas mengikuti pelatihan. Mahasiswa yang login dalam sistem informasi akan tercatat dalam database sebagai orang yang memang mencari pekerjaan,” jelasnya.

Menurut dia dalam waktu dekat, sistem operasi tersebut akan dioperasionalkan dan saat ini data yang masuk sudah mencapai 2.938 perusahaan.

Keunggulan lain sistem ini juga mempermudah pengguna untuk melihat apakah perusahaan yang bersangkutan membuka lembaga pelatihan, melakukan program pemagangan atau tidak. Di sini juga bisa lihat per provinsi, berapa perusahaan yang sudah melapor.

“Dalam waktu dekat target kami sistem ini akan berjalan dengan baik,” ungkapnya

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :