Jum'at, 19/04/2024 15:01 WIB

18 Negara Bagian AS Naikkan Upah Minimum di 2018

Dari 18 negara bagian, Maine akan melakukan peningkatan terbesar, yakni hingga 1,00 dollar menjadi 10,00 dollar per jam

ilustrasi

Jakarta - Lebih dari 4,5 juta pekerja di 18 negara bagian Amerika Serikat mendapat kenaikan gaji pada 1 Januari karena undang-undang upah minimum baru mulai berlaku.

Dari 18 negara bagian, Maine akan melakukan peningkatan terbesar, yakni hingga 1,00 dollar menjadi 10,00 dollar per jam. Empat negara bagian akan mendapatkan kenaikan terendah 15 sen lebih per jam. Negara bagian tersebut adalah Florida 8,25 dollar, Minnesota  9,65 dollar, Missouri 7,85 dollar dan Montana  8,30 dollar.

Washington akan memperoleh kenaikan 50 persen, memberi negara upah minimum tertinggi di negara ini 11,50 dollar per jam.

Jared Bernstein , seorang pakar ekonom di Center on Budget and Policy Priorities, mengatakan kepada The Hill bahwa negara-negara bagian lebih bersedia untuk meloloskan undang-undang untuk menaikkan jumlah upah minimum karena ada sedikit pekerjaan dengan upah tinggi yang tersedia dan pekerja dengan gaji rendah memiliki pendidikan yang lebih banyak daripada di masa lalu.

"Karena populasi pekerja dengan upah rendah telah menjadi sedikit lebih kelas atas, banyak tempat tersedia menyesuaikan upah minimum mereka, terutama mengingat penelitian yang meluas yang mendukung kenaikan moderat," kata Bernstein. 

"Negara bagian dan daerah semakin bersedia menaikkan upah minimum mereka sendiri karena nilai federal telah tercatat pada 7,25 dollar."

Upah minimum federal sebesar 7,25 dollar belum dinaikkan sejak 2009. Economic Policy Institute mengatakan bahwa upahnya terlalu rendah.

"Jika upah minimum terus berlanjut dengan produktivitas sejak akhir 1960an, upah minimum federal akan bernilai sekitar 19 dollar per jam pada tahun 2018," katanya.

Karena upah yang lebih tinggi, termasuk kebutuhan hidup, menjadi bagian besar dari percakapan politik di Amerika Serikat, negara ini masih tertinggal dari negara lain dalam hal upah minimum yang sebanding dengan biaya hidup negara tersebut.

Dilansir Washington Post , tingkat upah minimum federal 7,25 dollar merupakan upah minimum nasional terendah, relatif terhadap upah rata-rata, dari setiap negara kaya di Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

Anggota Kongres telah memblokir kenaikan upah minimum sejak kenaikan 2009, meskipun ada jajak pendapat yang menunjukkan mayoritas kedua belah pihak sepakat untuk menaikkannya.

Adapum 18 negara di mana upah minimum meningkat pada 1 Januari meliputi: Alaska, Arizona, California, Colorado, Florida, Hawaii, Maine, Michigan, Minnesota, Missouri, Montana, New Jersey, New York, Ohio, Rhode Island, South Dakota, Vermont, dan Washington.

KEYWORD :

Amerika Serikat Upah Minimum Ekonomi Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :