Senin, 06/05/2024 18:55 WIB

Banser NU dan Kokam Muhammadiyah Apel Kebangsaan

 Apel kebangsaan ini akan menjadi penyampai pesan penting bahwa, pemuda muslim bergerak bersama merawat kebhinnekaan dan ke-Indonesiaan

Peristiwa bersejarah dan pemandangan yang indah bagi negeri ini akan terwujud di Pelataran Candi Prambanan, Yogjakarta, Sabtu(16/12)

Yogjakarta - Pemandangan tak bisa, dua organisasi pemuda muslim terbesar di Indonesia, Gerakan Pemuda Anshor Nahdlatul Ulama (GP Anshor) melalui Barisan Serba Guna NU(Banser NU) dan Pemuda Muhammadiyah melalui Komando Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM Muhammadiyah) bersatu dalam Apel Kebangsaan di Pelataran Candi Prambanan, Yogjakarta, Sabtu(16/12)

Menteri Pemuda dan Olahgara (Menpora) Imam Nahrawi yang menjadi inisiator kegiatan ini mengatakan apel kebangsaan ini akan menjadi penyampai pesan penting bahwa, pemuda muslim bergerak bersama merawat kebhinnekaan dan ke-Indonesiaan di tengah perbedaan pandangan yang selama ini ada dalam kedua organisasi pemuda ini.

"Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, tidak hanya telah menjadi organisasi masyarakat terbesar di Indonesia, namun telah teruji pula komitmennya dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

"Kedua organisasi ini sama-sama merupakan pendiri Republik ini. Keduanya sama sama mengabdikan diri demi kemashlahatan umat Islam di berbagai bidang dari pendidikan hingga kesehatan. Pertemuan hari ini akan menjadi cara kita mensyukuri perbedaan dan memelihara semangat ke-Indonesiaan kita," tambahnya.

Lebih lanjut, Imam menekankan pula tentang pentingnya pemuda untuk bersatu, karena generasi inilah yang akan menempati posisi-posisi strategis yang menentukan wajah Indonesia di masa depan.

"Bonus demografi yang segera akan kita nikmati menjadikan mayoritas pemuda kita akan berada di usia produktif. Kita mempunyai semua modal untuk menjadi negara maju, asal kita berani bersatu. Masyarakat yang tercerai berai adalah salah satu penyumbang negara yang sulit untuk maju, karena kita sibuk menyelesaikan konflik dan pertikaian, sehingga lupa untuk bergerak maju," tegasnya.

Acara Apel Kebangsaan yang bertema "Pemuda Hebat Menjaga Bumi" ini diikuti oleh lebih dari 20.000 kader tangguh dari berbagai latar belakang organisasi kepemudaan, terutama oleh Barisan Serba Guna (Banser NU) dari Gerakan Pemuda Anshor NU dan Komando Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dari Pemuda Muhammadiyah.

 

KEYWORD :

Menpora Imam Nahrawi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :