Rabu, 01/05/2024 05:05 WIB

GPN Wonosobo Diikuti Dua Ribu Peserta

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara sendiri akan mengakhiri petualangannya di Magelang, tepatnya di kawasan Gunung Tidar pada 9 September mendatang yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional 2017.

Gowes Pesona Nusantara 2017 di Wonosobo

Wonosobo -  Setelah melalui perjalanan dari Banjarnegara, akhirnya para pegowes yang tergabung dalam Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) melanjutkan etape terakhir di wilayah Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (2/8). Perhelatan Gowes Pesona Nusantara yang diselenggarakan di tengah kota Wonosobo, tepatnya di alun-alun Wonosobo ini diikuti masyarakat sekitar serta komunitas pesepada Wonosobo yang mencapai 2000 peserta.

Pelepasan tim GTPN menuju Purworejo dan lanjut menyambangi Kulon Progo  dilakukan secara langsung oleh Asisten Deputi III Kemenpora Bidang Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO, Teguh Raharjo, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, Wakil Bupati, Agus Subagiyo, serta Ketua KONI Wonosobo, H.Bambang Laras Nyoto. Acara diawali dengan tarian tradisional Wonosobo, yaitu Lengger Jangkrik Genggong serta senam Gowes Pesona Nusantara.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kemenpora yang telah memberikan kesempatan bagi Kabupaten Wonosobo untuk menyelenggarakan Gowes Pesona Nusantara. Kami selaku pemerintah daerah Wonosobo menyambut gembira dan mendukung program ini karena memberikan manfaat dan motivasi bagi masyarakat Wonosobo untuk terus bergaya hidup sehat, serta membangun mentalitas generasi muda melalui bidang olahraga serta mendukung tujuan wisata di Wonosobo," kata Bupati Wonosobo, Eko Purnomo dalam sambutannya didepan para pegowes.

Dirinya menambahkan melalui program ini nantinya bisa berkolaborasi dengan rencana Kemenpora untuk menyelenggarakan Hari Bersepeda Nasional sebagai wujud keseriusan pemerintah pusat dalam memupuk nilai-nilai olahraga dalam bersepeda. Yaitu ekonimis, kesehatan dan ramah lingkungan.

"Program ini mendukung kegiatan yang sudah dicanangkan pemerintah Kabupaten Wonosobo dan dilaksanakan oleh masyarakat, yaitu berolahraga dengan bersepeda. Tentunya wacana Hari Bersepeda Nasional akan menjadi momentum besar bagi perkembangan olahraga, khususnya sepeda, dengan tujuan mencapai aspek ekonomis, kesehatan dan ramah lingkungan," tutur Eko.

Tercatat, para pegowes dari tim Gowes Touring Pesona Nusantara ini sudah melakukan perjalanan dari titik 0 Sabang dan sudah menempuh jarak lebih dari 4750 km hingga ke Wonosobo, kemudian menempuh jarak 30 km untuk sampai ke Purworejo di mana selama perjalanan tersebut para pegowes membawa misi program Kemenpora melalui tajuk "Ayo Olahraga".

"Perhelatan Gowes Pesona Nusantara ini bagian penting dari program Kemenpora dalam payung "Ayo Olahraga" dimana perhelatan ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan kegiatan berolahraga melalui sepeda, yang tidak hanya murah dari segi ekonomi namun juga dari sisi fisik membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Juga akan memberikan dampak bagi generasi muda untuk menanamkan jiwa sportivitas," kata Asisten Deputi III Kemenpora Bidang Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO, Teguh Raharjo.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara sendiri akan mengakhiri petualangannya di Magelang, tepatnya di kawasan Gunung Tidar pada 9 September mendatang yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional 2017, dan akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selain Gowes Pesona Nusantara, program "Ayo Olahraga" ini juga akan menyertakan Gala Desa dan Liga Sepak Bola Pelajar berjenjang sejak U-12,  U-14 dan U-16. Semuanya akan berpadu pada Hari Olahraga Nasional tersebut. 

"Masyarakat Wonosobo menyambut baik event dengan hadiri 2000 masyarakat. Gowes Pesona Nusantara ini untuk lebih meningkatkan kualitas berolahraga. Nantinya program "Ayo Olahraga" ini juga diselenggarakan Gala Desa, Liga Sepakbola Pelajar mulai dari U-12, U-14, U-16, Liga Mahasiswa, Liga Santri. Semuanya akan berakhir di perhelatan Hari Olahraga Nasional, tepatnya di Gunung Tidar, Magelang pada 9 September," jelas Teguh.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga gowes pesona nusantara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :