Minggu, 28/04/2024 14:56 WIB

Info Mudik 2017

Posko Kementerian PUPR Siap Amankan Mudik Lebaran

Seluruh posko tersebut nantinya berada di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan, bekerja sama dengan Korlantas Polri, Basarnas, Kementerian Kesehatan, dan BMKG.

Posko lebaran Kementerian PUPR

Pekalongan - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Posko Siaga Sapta Taruna Bina Marga di beberapa titik di ruas jalan nasional, terutama di ruas yang menjadi jalur mudik dan rawan bencana.

Beberapa di antaranya terdapat pada jalur selatan Jawa, dari Nagrek sampai perbatasan Jawa Tengah. Sebanyak empat posko yaitu di Nagrek, Lingkar Gentong, Ciung Wanara dan Banjar telah disiagakan.

"Jalur selatan itu rawan longsor dan banjir menurut BMKG kita akan masuk kemarau namun tetap masih ada hujan seperti beberapa hari lalu. Posko yg dilengkapi alat berat, material dan operator sehingga apabila terjadi sesuatu, bisa cepat ditangani," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, lewat siaran pers, Senin (12/6) di Jakarta.

Seluruh posko tersebut nantinya berada di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan, bekerja sama dengan Korlantas Polri, Basarnas, Kementerian Kesehatan, dan BMKG.

"Mudah-mudahan dengan koordinasi lebih baik, kondisi mudik pun lebih baik daripada tahun lalu," tambah Menteri Basuki.

Berdasarkan pemantauan, jalan nasional dari Nagrek di Jawa Barat hingga batas Provinsi Jawa Tengah terbilang mulus. Dan seterusnya hingga Purwokerto juga demikian. Namun di salah satu titik di Banyumas terdapat jalan yang bergelombang. Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto mengatakan perbaikan sedang dilakukan, dan pada H-5 jalan tersebut sudah mulus kembali.

Selain itu juga terdapat lima titik jalan yang mengalami longsor di ruas Wangon-Karang Pucung. Sejak Februari hingga saat ini, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII telah menyelesaikan tiga titik dan dua titik lainnya ditargetkan selesai 15 Juni 2017. 

"Selain memperkuat tebing jalan, juga dilapisi aspal di atasnya serta marka jalan. Longsor terjadi karena memang kondisi geologi didaerah ini rawan longsor. Beberapa kita perbaiki dan kita jaga terus," tutur Arie.

KEYWORD :

Kementerian PUPR Mudik 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :