Minggu, 28/04/2024 20:03 WIB

INTERNASIONAL

UEA Ngeluh, Qatar Minta Bantuan ke Iran dan Turki

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed Al Thani mengatakan Turki akan menempatkan pasukannya ke Qatar untuk alasan keamanan regional di tengah krisis diplomatik .

Negara teluk (Foto: Teheran Time)

Jakarta - Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Anwar Gargash mengkritik keputusan Qatar meminta bantuan ke Iran dan Turki menyusul keputusan beberapa negara Arab Teluk Persia dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed Al Thani mengatakan Turki akan menempatkan pasukannya ke Qatar untuk alasan keamanan regional di tengah krisis diplomatik yang sedang berlangsung.

"Permintaan untuk perlindungan politik dari dua negara non-Arab dan perlindungan militer dari salah satu dari mereka terlihat seperti sebuah bab tragis dan komik baru," kata Gargash melalui posting di halaman Twitter resminya, dilansir Sputnik.

Menteri menambahkan, bahwa perilaku Qatar "aneh" karena "menuntut penghormatan terhadap kedaulatannya tapi mencari bantuan di luar negeri."

Pada  Senin (5/6), Arab Saudi, Bahrain, UEA dan Mesir memutus hubungan diplomatik dengan Qatar, lantaran menyokong organisasi pendukung organisasi teroris dan mendestabilisasi situasi di Timur Tengah. Kemudian disusul sejumlah negara lainnya serpert, Libya, Yaman, Maladewa, Mauritius dan Mauritania.

KEYWORD :

Arab Saudi Turki Qatar Negara Teluk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :