Minggu, 28/04/2024 16:45 WIB

INTERNASIONAL

44 Migran Terjebak di Gurun Nigar Tewas Kehausan

Sekitar 44 migran meninggal lantaran kehausan saat kendaraan mereka mogok.

Perjalanan dari Niger menuju Libya melintasi gurun pasir ditempu orang Afrika yang ingin menuju ke Benua Eropa

Niger - Sekitar 44 migran, termasuk wanita dan bayi, ditemukan tewas setelah terjebak di gurun Niger Utara saat dalam perjalanan ke Libya.

"Jumlah migran yang meninggal di padang pasir 44 untuk saat ini," kata Rhissa Feltou, Walikota Agadez, sebuah kota terpencil di tepi Sahara yang telah menjadi ibukota penyelundupan Afrika, di kutip dari Arab News

Hal sama juga juga disampaikan oleh Palang Merah yaitu,  sekitar 44 migran meninggal. Ia juga telah mengutus satu tim ke lokasi kejadian untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut.

Seorang sumber keamanan yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan, para migran sub Sahara, termasuk bayi dan wanita, meninggal lantaran kehausan saat kendaraan mereka mogok.

Pada awal Mei, delapan migran dari Niger, lima di antaranya anak-anak, ditemukan tewas di padang pasir dalam perjalanan ke Aljazair. Juga pada Mei, tentara yang berpatroli di Niger Utara menyelamatkan sekitar 40 migran dari berbagai negara Afrika Barat yang tertinggalkan di padang pasir oleh penyelundup manusia saat bepergian ke Libya.

Kelompok tersebut termasuk warga Gambia, Nigeria, Guinea, Senegal dan Niger, semuanya berharap bisa mencapai pantai Libya sehingga mereka bisa menyeberangi Laut Tengah ke Eropa.

 

 

KEYWORD :

Migran Niger Libya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :