Minggu, 28/04/2024 14:53 WIB

Internasional

Anggaran Pemerintah Federal AS Capai Rp13 Ribu Triliun. Untuk Apa Saja?

Kongres Amerika Serikat mengesahkan anggaran pengeluaran untuk pemerintah federal hingga akhir September.

Kongres Amerika Serikat (Foto: The Duran)

Washington – Kongres Amerika Serikat (AS) mengesahkan anggaran pengeluaran untuk pemerintah federal hingga akhir September. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, yakni USD 1 triliun atau setara dengan Rp13.328.551.810.365.800. Lalu, akan dibawa ke mana dana yang berjumlah fantastis tersebut?

Dikutip dari Guardian, Kongres menolak kebijakan Presiden Donald Trump untuk membangun tembok besar di sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko, yang digadang-gadang untuk menghalau imigran masuk. Artinya, dalam total Rp13 ribu triliun itu tidak ada dana untuk pembangunan tembok pembatas.

Beberapa pengeluaran yang disetujui Kongres di antaranya, belanja senilai USD 15 miliar atau Rp199 triliun di bidang pertahanan, dana penyedia kesehatan wanita “Planned Parenthood”, dan bantuan sosial untuk rakyat miskin di Puerto Rico.

“Dana USD 1 triliun itu untuk serangkaian program pemerintah federal, mulai dari operasi keamanan bandara dan perbatasan hingga gaji tentara, penelitian medis, bantuan luar negeri dan pendidikan di dalam negeri,” tulis Guardian, Senin (1/5).

Fraksi Demokrat juga sempat mengajukan anggaran khusus untuk program biaya perawatan murah atau Obamacare. Meskipun hal ini ditentang oleh Partai Republik selaku oposisi, namun Trump menyatakan akan tetap melanjutkan program warisan Obama tersebut.

KEYWORD :

Amerika Serikat Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :