Jum'at, 17/05/2024 08:17 WIB

Zambia Terancam Gagal ke Olimpiade gegara Pencucian Uang

Zambia Terancam Gagal ke Olimpiade gegara Pencucian Uang

Pemandangan cincin Olimpiade dari drone di depan markas besar Komite Olimpiade Internasional di Lausanne, Swiss, 19 Maret 2024. REUTERS

Lusaka, Jurnas.com - Tim sepak bola wanita Zambia terancam gagal lolos ke Olimpiade musim panas ini, setelah FIFA mencium dugaan kasus pencucian uang yang dilakukan presiden asosiasi sepak bola negara tersebut, serta pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Zambia (FAZ), Andrew Kamanga, pekan lalu didakwa memperoleh dana pemerintah dengan alasan palsu, serta menjadi bagian dari konspirasi penipuan.

Uang itu digunakan untuk mendanai perjalanan dua rekannya ke Piala Afrika di Pantai Gading tahun ini. Namun, Sekjen FAZ, Reuben Kamanga, serta Madalitso Kamanga dan Jairous Siame yang ikut melakukan perjalanan, membantah tuduhan ini.

Dikutip dari The Guardian pada Selasa (30/4), pejabat FIFA, Kenny Jean-Marie, dalam surat yang ditujukan kepada FAZ mengatakan bahwa badan sepak bola dunia tertarik dengan kasus tersebut.

"FIFA meminta salinan dokumen apapun yang diterima sehubungan dengan tuduhan tersebut," kata Kenny.

Surat FIFA juga memerintah FAZ untuk menggelar Rapat Umum Tahunan yang seharusnya dilaksanakan akhir pekan lalu. Namun, pertemuan tahunan ditunda pasca Kamanga dituduh mengubah konstitusi asosiasi tanpa mengikuti prosedur.

Dengan menyelenggarakan pertemuan tahunan, FIFA berharap menemukan alasan yang kuat untuk sementara menangguhkan tim nasional Zambia, termasuk dari ajang Olimpiade tahun ini di Prancis.

"Untuk menghindari keraguan, harap dicatat bahwa pelanggaran terhadap ketentuan Statuta FIFA dan CAF yang disebutkan di atas dapat menimbulkan alasan untuk penangguhan FAZ terlepas dari apakah pelanggaran tersebut disebabkan oleh FAZ atau bukan," ujar Kelly.

"Kami ingin mengingatkan Anda bahwa asosiasi anggota yang ditangguhkan tidak boleh menggunakan hak keanggotaannya. Tim perwakilan serta klub afiliasi federasi ini tidak dapat lagi mengikuti kompetisi internasional sampai skorsing dicabut," tambah dia.

KEYWORD :

Zambia Olimpiade Pencucian Uang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :