Jum'at, 31/05/2024 05:33 WIB

FA Ogah Mundur Meski Penghapusan Sistem Replay Dikritik

FA Ogah Mundur Meski Penghapusan Sistem Replay Dikritik

Selebrasi punggawa Arsenal usai menjuarai Piala FA (foto: Skysports)

London, Jurnas.com - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menegaskan bahwa sistem replay atau pertandingan ulang di Piala FA tetap dihapus mulai musim depan. Dalam pernyataan terbaru, FA menyebut perubahan itu perlu di tengah padatnya jadwal pertandingan.

Menurut format sebelumnya, Piala FA memberlakukan pertandingan ulang bagi partai yang berakhir imbang. Laga berikutnya akan berlangsung di kandang tim yang sebelumnya bermain tandang.

Namun, sistem ini dinilai memberatkan bagi tim-tim elit yang berlaga di divisi papan atas, karena memiliki jadwal yang padat sepanjang musim kompetisi. Sebaliknya, penghapusan replay dianggap merugikan tim-tim kecil yang mengharapkan pendapatan dari tiket pertandingan ketika bertemu dengan tim besar.

"Penghapusan tayangan ulang Piala FA Emirates telah dibahas dalam pertemuan awal dan semua pihak menerima bahwa hal tersebut tidak dapat dilanjutkan," demikian keterangan resmi FA yang dikutip Goal pada Jumat (19/4).

"Diskusi kemudian fokus pada bagaimana membuat semua kompetisi kami lebih kuat, meskipun tanggal yang tersedia lebih sedikit dan ingin menjaga kesejahteraan pemain," sambungnya.

Adapun untuk menepis kekhawatiran berkurangnya pendapatan dari tiket, FA menyebut pihaknya meningkatkan jumlah pertandingan Piala FA yang akan disiarkan pada babak awal, sehingga memberikan jaminan tambahan pendapatan siaran bagi tim EFL dan Liga Nasional.

"Selain itu, kami meninjau hadiah uangnya setiap tahun untuk kompetisi, bersama dengan perwakilan dari EFL dan Liga Premier dan akan melakukan hal yang sama untuk musim 2024-2025," paparnya.

Menurut sistem terbaru, Piala FA akan dimulai lebih awal pada pertengahan Agustus setelah libur musim panas selama tiga pekan. Dengan demikian, pemain memiliki waktu istirahat lebih banyak.

Seluruh pertandingan juga akan dimainkan setiap akhir pekan, termasuk putaran kelima yang selama musim terakhir berlangsung pada pertengahan pekan, tanpa bertabrakan dengan jadwal Liga Inggris.

Adapun final Piala FA akan digeser pada dua pekan terakhir Liga Inggris, serta dimainkan pada Sabtu malam tanpa bertabrakan dengan jadwal Piala Carabao (EFL).

KEYWORD :

Sistem Replay Pertandingan Ulang Asoasiasi Sepak Bola Piala FA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :