Minggu, 16/06/2024 09:32 WIB

MU Lolos ke Liga Europa, Newcastle Gigit Jari

Manchester United lolos ke Liga Europa musim depan pasca menjuarai Piala FA

Manchester United akan beraksi di Liga Europa musim depan (Foto: Reuters/Phil Noble)

Jakarta, Jurnas.com - Asa Newcastle United tetap bermain di kompetisi Eropa musim depan kandas, pasca Manchester United (MU) menjuarai Piala FA pada Sabtu (25/3). Setan Merah menang tipis 2-1 atas tim rival, Manchester City.

Kemenangan ini mengantarkan tim asuhan Erik ten Hag lolos ke Liga Europa musim depan, meski finis di peringkat ke-8 dalam klasemen akhir Liga Inggris musim ini.

Sementara itu, dikutip dari New York Times, Chelsea yang berada di peringkat ke-6 akan bermain di Liga Konferensi Eropa.

Diketahui, Liga Inggris memiliki tujuh tempat di Eropa untuk musim 2024-2025 mendatang, masing-masing empat tim di Liga Champions, dua slot di Liga Europa, dan satu slot di Liga Konferensi.

Keempat tim Liga Champions semuanya lolos berkat finis di empat teratas Liga Inggris, yakni City, Arsenal , Liverpool, dan Aston Villa. Nama terakhir baru pertama kali akan merasakan Liga Champions sejak musim 1982-1983.

Dua tempat diberikan kepada tim Inggris di Liga Europa setiap musim. Satu diberikan kepada pemenang Piala FA, jika tidak mendapatkan tempat empat besar Liga Inggris, dan satu lainnya diberikan kepada tim yang finis di posisi kelima.

Karena MU memenangkan Piala FA dan tidak finis di enam besar, maka Setan Merah lolos ke Liga Europa bersama Tottenham Hotspurs yang finis kelima di liga. Hanya satu tim Inggris yang bermain di Liga Konferensi setiap musim.

Aturannya menyatakan bahwa pemenang Piala Carabao diberikan tempat di Liga Konferensi. Namun, di setiap musim sejak kompetisi klub tingkat ketiga Eropa dimulai pada 2021, posisi tersebut dialihkan ke klasemen Liga Inggris karena pemenang Piala Carabao juga finis di enam besar.

KEYWORD :

Manchester United Piala FA Liga Europa Newcastle United




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :