Jum'at, 17/05/2024 05:22 WIB

Sebanyak 807 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek hingga H-4 Lebaran

Jumlah tersebut merupakan angkat kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama.

Gerbang Tol Cikampek Utama (Foto:ANTARA)

Jakarta, Jurnas.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat ada sebanyak 807.510 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 sampai H-4 Lebaran atau pada Rabu 3 April 2024 hingga Sabtu 6 April 2024.

Jumlah tersebut merupakan angkat kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama. Yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

"Sebanyak 807.510 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 s.d H-4 Hari Raya Idulfitri 1445H/Tahun 2024," kata Marketing & Communication Department Head/Pgs. Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Faiza Riani dalam keterangannya, Faiza Riani dalam keterangannya, Minggu 7 April 2024.

Faiza menyebut total volume kendaraan tersebut tercatat meningkat sebesar 41,73 persen jika dibandingkan lalin normal sebanyak 569.735 kendaraan.

Kemudian, jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih tinggi sebesar 12,97 persen dari 714.794 kendaraan.

"Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 462.710 kendaraan menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 209.582 kendaraan menuju arah Barat (Merak), dan 135.218 kendaraan menuju arah Selatan (Puncak).

Lebih lanjut, Jasa Marga mengimbau masyarakat yang akan melakukan mudik melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan.

Mulai dari memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

"Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa. Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan," tutur Faiza.

 

KEYWORD :

Arus Mudik Kendaraan Pemudik Arus Lalu Lintas Tol Cikampek Utama Gerbang Tol Ciawi Gerbang Tol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :