Minggu, 28/04/2024 15:03 WIB

Program Pemagangan Prioritaskan TKI Lulusan SMP ke Bawah

Angkatan kerja dengan latar belakang pendidikan SMP ke bawah banyak yang mengalami kesulitan

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri foto bersama dengan Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi, Dirjen Binalattas Kemnaker RI Drs Bambang Satrio Lelono MA

Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan upaya peningkatan kualitas tenaga kerja dengan menggenjot beberapa program unggulan terutama pemagangan dan pelatihan kerja. Pasalnya saat ini para TKI didominasi oleh lulusan SMP ke bawah, sehingga Kemnaker akan memproritaskan TKI-TKI yang memiliki pendidikan SMP ke bawah menjadi peserta dalam program tersebut.

Menurut Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas (Binalattas), Bambang Satrio Lelono, Angkatan kerja dengan latar belakang pendidikan SMP ke bawah banyak yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan sekolah karena faktor ekonomi maupun umur. Sedangkan jika ingin masuk ke dunia industri mereka belum memiliki keterampilan yang memadai.

"Mereka juga tidak memiliki modal untuk berwirausaha. sehingga orang-orang seperti itu yang kita utamakan dalam program ini," ungkap Bambang.

Dirjen Binalattas mengungkapkan setelah mengikuti program magang, maka peserta akan di sertifikasi pasca melalui uji kompetensi sesuai keahlian mereka agar keterampilanya mendapat pengakuan secara tertulis. Sehingga para peserta yang lulus akan dimudahkan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan karena telah memiliki keterampilan dan menjadi tenaga kerja profesional.

"Program pemagaman ini sudah mengacu pada pelatihan kerja pada jabatan-jabatan di perusahaan, sehingga setelah pelatihan mereka akan mudah mendapatkan posisi-posisi strategis di sebuah perusahaan," tandas Dirjen Binalattas.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :