Kamis, 09/05/2024 02:42 WIB

Saling Balas dengan China, Marcos Minta Pasukan Filipina Perkuat Pertahanan Laut Cina Selatan

Saling Balas dengan China, Marcos Minta Pasukan Filipina Perkuat Pertahanan Laut Cina Selatan

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. di Istana Malacanang di Manila, Filipina, 19 Maret 2024. REUTERS

MANILA - Tindakan balasan yang dilakukan Filipina terhadap perilaku Tiongkok di Laut Cina Selatan akan mencakup penguatan kemampuan pertahanan Filipina dengan sekutunya dan menggunakan semua tindakan diplomatik untuk menyelesaikan perselisihan, kata seorang pejabat keamanan pada Senin.

Presiden Ferdinand Marcos Jr pekan lalu mengatakan Filipina akan menerapkan tindakan yang tidak ditentukan terhadap “serangan ilegal, koersif, agresif, dan berbahaya” yang dilakukan oleh penjaga pantai Tiongkok, sehingga meningkatkan pertikaian di Laut Cina Selatan.

"Respon yang proporsional, bijaksana dan masuk akal yang dibicarakan oleh presiden tidak hanya mencakup aspek penguatan kemampuan militer dan pertahanan dengan sekutu lainnya...tetapi juga berbicara tentang upaya diplomatik yang melelahkan untuk menyelesaikan masalah ini," juru bicara Dewan Keamanan Nasional Jonathan Malaya katanya di TV pemerintah, menggambarkan paket tersebut sebagai paket multi-dimensi.

Marcos juga memerintahkan pemerintahannya untuk memperkuat koordinasi keamanan maritim untuk menghadapi “berbagai tantangan serius” terhadap integritas wilayah dan perdamaian, menurut salinan arahan yang dirilis pada hari Minggu.

Kementerian luar negeri Tiongkok pada hari Senin mengatakan, apa pun kebijakan yang diambil Filipina, tidak ada kebijakan yang akan memengaruhi hak klaim kedaulatan maritim Tiongkok.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan sebagai wilayahnya, diawasi oleh armada kapal penjaga pantai, yang berjarak lebih dari 1.000 km dari daratan Tiongkok.

Filipina dan Tiongkok telah mengalami serangkaian perselisihan di laut pada tahun lalu terkait sengketa fitur maritim, yang bertepatan dengan Manila meningkatkan keterlibatan pertahanan dengan sekutu dan mantan kekuatan kolonial Amerika Serikat.

Kerusuhan terbaru terjadi pada tanggal 24 Maret, ketika Tiongkok menggunakan meriam air untuk mengganggu misi pasokan Filipina ke Second Thomas Shoal untuk tentara yang menjaga kapal perang yang sengaja mendarat di terumbu karang 25 tahun lalu.

Para pejabat pertahanan saling melontarkan kecaman akhir pekan lalu, dengan Tiongkok mengatakan Filipina-lah yang harus disalahkan atas rusaknya hubungan tersebut, dan menuduh tetangganya melakukan provokasi, misinformasi, dan pengkhianatan.

Filipina menanggapinya dengan menuduh Tiongkok menggurui dan mengintimidasi negara-negara kecil.

KEYWORD :

Filipina China Masalah Maritim Laut Cina Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :