Sabtu, 27/04/2024 19:18 WIB

Salah! Video Kubu Prabowo Ngamuk Akibat Ketua DPR Setujui Hak Angket

Salah! Video Kubu Prabowo Ngamuk Akibat Ketua DPR Setujui Hak Angket

Salah! Video Kubu Prabowo Ngamuk Akibat Ketua DPR Setujui Hak Angket. (Foto: Tangkapan Layar/Agus Mughni/Jurnas.com)

Jurnas.com - Beredar kembali cuplikan video yang memperlihatkan sejumlah anggota DPR ricuh, naik mengepung kursi pimpinan di persidangan.

Video yang viral pada 1 Oktober 2014 silam itu kembali disebarkan dengan klaim bahwa kericuhan dalam cuplikan video tersebut merupakan kubu Prabowo yang marah akibat Ketua DPR Puan Maharani setujui usulan hak angket.

"KUBU PRABOWO MENGAMUK USAI PUAN PUTUSKAN SETUJUI HAK ANGKET. Kalo gak curang gak harus Ngeper kan? Hak angket di sahkan?" demikian narasi yang dicantumkan dalam video berdurasi 37 detik itu.

Video tersebut diupload oleh akun Tiktok bernama Aisyah Renata pada Senin 25 Maret 2024, dan telah ditonton sebanyak 4,4 juta kali, disukai 136,4 ribuan pengguna Tiktok, 21,8 ribu komentar, disimpan dan dibagikan lebih dari 8 ribu kali. Video tersebut juga telah diupload ulang di Facebook oleh lebih dari 6 akun. Diketahui, sebelumnya, narasi serupa disebarkan oleh channel youtube KUMPARAN TV pada 25 Februari 2024.

Benarkah ini video sejumlah anggota DPR ricuh itu merupakan kubu Prabowo yang marah akibat Puan Maharani setujui usulan hak angket?

PEMERIKSAAN FAKTA / HASIL VERIFIKASI

Untuk memverifikasi kebenaran klaim di atas, Tim Jurnas.com memfragmentasi video menjadi gambar dengan menggunakan alat editor foto dan menelusurinya menggunakan Bing Image Match.

Setelah ditelusuri, cuplikan video tersebut merupakan potongan dari video sidang Paripurna perdana DPR periode 2014-2019 yang berlangsung pada 1 Oktober 2014 malam hingga Kamis 2 Oktober 2014 dini hari di Ruang Sidang Paripurna Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Video aslinya dimuat salah satunya dalam kanal Youtube BeritaSatu berjudul “Breaking News: Sidang Paripurna Ricuh” yang diunggah pada 2 Oktober 2014. Kemudian video serupa juga diupload dalam kanal Youtube KOMPASTV berjudul "Celotehan Popong di Panasnya Sidang Paripurna" yang diunggah pada 2 Oktober 2014.

Selain itu, faktanya, hingga berita ini dimuat tidak ditemukan informasi terkait kubu Prabowo marah akibat Puan Maharani setujui usulan hak angket. Juga tidak ditemukan informasi terkait Puan Maharani telah menyetujui hak angket.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil verifikasi Tim Cek Fakta Jurnas.com, video dengan klaim sejumlah anggota DPR ricuh itu merupakan kubu Prabowo yang marah akibat Puan Maharani setujui usulan hak angket adalah SALAH.

Faktanya, video tersebut merupakan potongan dari video sidang Paripurna perdana DPR periode 2014-2019 yang berlangsung pada 1 Oktober 2014 malam hingga Kamis 2 Oktober 2014 dini hari di Ruang Sidang Paripurna Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

TIM CEK FAKTA JURNAS.COM

KEYWORD :

Cek Fakta Kubu Prabowo Ketua DPR Puan Maharani Hak Angket




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :