Sabtu, 18/05/2024 16:49 WIB

Selangkah Lagi Menuju Oscar, Robert Downey Jr. Raih Maltin Modern Master Award

Selangkah Lagi Menuju Oscar, Robert Downey Jr. Raih Maltin Modern Master Award

Cillian Murphy, Robert Downey Jr., dan Rob Lowe berpose dengan Maltin Modern Master Award di Santa Barbara International Film Festival ke-39 di Teater Arlington, Jumat (9/2/2024). (FOTO: REBECCA SAPP/GETTY)

JAKARTA - Robert Downey Jr. tampaknya selangkah lagi menuju Oscar.

Di di Santa Barbara International Film Festiva 2024, bintang Oppenheimer berusia 58 tahun ini menerima piala Maltin Modern Master Award dalam sebuah upacara pada hari Jumat malam (9/2/2024).

Mengiringi penghargaan kepada Robert Downey Jr., rekannya Rob Lowe dan Cillian Murphy memberikan pidato.

Sesuai dengan festival tersebut, penghargaan tersebut diambil dari nama sejarawan film Leonard Maltin dan pertama kali dibuat pada tahun 1995 “untuk menghormati seseorang yang telah memperkaya budaya kita melalui pencapaian di industri film.”

Saat naik panggung, Robert Downey Jr. mengucapkan terima kasih kepada penonton dan juga Matlin sendiri, memberikan penghormatan atas "pentingnya dalam budaya kita dan apa yang telah Anda lakukan dari seorang sarjana hingga penulis, hingga kritikus hingga pembawa acara," sambil menambahkan," Anda persetujuan sangat berarti bagiku."

Selanjutnya, aktor tersebut mendeskripsikan Rob Lowe — yang menyampaikan pidato yang menyentuh hati sebagai penghormatan kepada aktor tersebut — sebagai, "seseorang yang telah menunjukkan begitu banyak hal kepada saya."

Dia melanjutkan dengan memberikan penghormatan kepada pendekatan sesama aktor terhadap kehidupan, "Kami telah dapat terhubung kembali akhir-akhir ini dan saya membuka podcast dan kami berbicara tentang asal usul kami, tetapi dia adalah orang pertama di generasi saya yang mengatakan, `Teman-teman, ada hal yang disebut berhenti dan tumbuh dewasa dan tangani bisnismu dan jadilah ayah yang baik dan jadilah suami yang baik dan nikmati hak istimewa untuk bisa bekerja di industri ini,` itulah sebabnya dia masih relevan dan mengapa dia masih terlihat 27."

Selanjutnya, Robert Downey Jr. mengalihkan perhatiannya ke Cillian Murphy, yang pada malam sebelumnya menggambarkan dirinya sebagai "pria lurus Robert Downey Jr. yang menebas pria sayap setia."

"Cillian Murphy adalah orang yang jujur terhadap siapa pun. Menurutku, dia mulai memahami reaksi yang dia dapatkan ketika dia datang ke tempat-tempat yang dia—--- kekuatan alam," kata aktor Iron Man itu sebelum berterima kasih kepada agennya dan mengungkapkan bahwa mereka "memiliki PJ yang serasi. Jadi seluruh Festival Film Internasional Santa Barbara bagi kami, ini berubah menjadi seperti ini adalah waktu pesta."

Namun, Robert Downey Jr. menyisihkan akhir pidatonya untuk pesan khusus kepada istrinya.

“Dan seperti biasa, aku tidak akan pernah menyelesaikan ucapan terima kasih apa pun, padahal dia mungkin baru saja bersiap-siap untuk segera menidurkan anak-anak, tanpa berterima kasih kepada rekan tersayangku, Susan Downey,” tutupnya.

Maltin sendiri bergabung dengan bintang Iron Man itu di atas panggung untuk percakapan yang meliput karir aktor tersebut selama lima dekade, termasuk nominasi Oscar untuk Chaplin tahun 1992, Tropic Thunder tahun 2008 dan, pada upacara Academy Awards mendatang 10 Maret, Oppenheimer.

Film biografi J. Robert Oppenheimer tentang penciptaan bom atom, disutradarai dan diadaptasi oleh Christopher Nolan, menjadi judul film terlaris ketiga di Hollywood pada tahun 2023 dan film biografi terlaris sepanjang masa.

Di antara banyak penghargaannya adalah 13 nominasi Oscar (lebih banyak dari pesaing lainnya) termasuk film terbaik.

Di Oppenheimer Downey Jr. memerankan Lewis Strauss di kehidupan nyata, komisaris pendiri Komisi Energi Atom.

Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai pemeran utama, bersama dengan Emily Blunt, Matt Damon, Gary Oldman, Josh Hartnett, Florence Pugh, dan Rami Malek.

Percakapan luas antara Matlin dan Downey Jr. mencakup peran pertama aktor tersebut dalam film Pound pada usia 5 tahun, apakah dia telah mempertimbangkan karier alternatif — yang mana aktor tersebut mengungkapkan bahwa dia telah "bekerja di toko sandwich. Saya bekerja di sebuah toko sepatu, tapi jariku lengket dan aku dipecat setelah dua minggu," dan bekerja di pekerjaan lain termasuk sebagai petugas bus, namun karena kurangnya keahliannya dalam peran tersebut, dia bercanda bahwa dia "harus beralih ke teater."

Pasangan ini membahas film dokumenter terbaru sang aktor, tentang mendiang ayahnya, Robert Downey Sr., serta penampilan putra Robert Downey Jr. dalam film tersebut, sebelum Rob Lowe memberikan pidato tentang masa sekolahnya dengan Robert Downey Jr. , menggambarkan bintang Oppenheimer sebagai "pesona, bakat, kecerdasan, empati, dan pemain yang berani sekali dalam satu generasi."

Saat mendiskusikan film termasuk Iron Man, Tropic Thunder, Chaplin, Less Than Zero dan True Believer dengan Matlin, Robert Downey Jr. bahkan mengungkapkan saat mendiang aktor Ryan O`Neal, lawan mainnya di film Chances Are tahun 1987, memberinya sedikit perhatian peringatan keras ketika dia terlambat untuk membaca.

"Saya ingat bahkan pada hari pertama latihan, kemungkinan besar saya bertemu dengan beberapa teman. Saat berada di Washington, DC, saya bertemu dengan beberapa teman, saat kembali ke hotel, kami memesan sampanye. Satu hal mengarah ke hal lain, dan kemudian pembacaan dilakukan pada pukul 11.00 dan saat itu sekitar pukul 14.45 dan saya baru saja tertidur dan engsel pintu terlepas dan ternyata Ryan O`Neal. Dan itu seperti, `Jika saya `Aku di sini memberitahumu, kamu sedang kacau. Ya Tuhan, kamu sedang kacau.` Dan saya berkata, `Wow. Orang-orang nampaknya sangat tegang.` Bukannya saya tahu saya terlambat, tapi itu semacam tanda peringatan. Tapi saya ingat suka sekali syuting filmnya, rasanya sangat manis,` katanya kepada Matlin.

Selain mendiskusikan bekerja dengan sutradara Oppenheimer, Christoper Nolan, bertemu istrinya dan apakah anak-anaknya menonton filmnya ("mereka akan menontonnya sambil lalu," aktornya berbagi), percakapan Robert Downey Jr. dengan Matlin juga diselingi dengan detik pidato yang menyentuh hati, kali ini dari Cillian Murphy, yang menggambarkan Downey Jr. sebagai, "salah satu aktor paling baik hati, terlucu, dan paling dermawan yang pernah bekerja dengan saya."

Dalam siaran pers dari Festival Film Santa Barbara, Maltin berkata, “Robert Downey Jr. telah menampilkan salah satu aksi kedua paling spektakuler dalam sejarah bisnis pertunjukan...dan kami sebagai penonton adalah penerima manfaatnya. Dia memerintahkan layar tanpa upaya apa pun, yang mungkin merupakan prestasi terbesar dari semuanya.”

Christopher Nolan menambahkan, “Sungguh menggetarkan melihat penonton merespons tidak hanya karisma Robert Downey Jr. yang luar biasa, namun juga penampilan yang, tanpa menampilkan ciri-ciri bintang film, menunjukkan sekali lagi bahwa ia adalah salah satu aktor terhebat.”

Juga menerima penghargaan di Festival Film Santa Barbara edisi ke-39, yang berlangsung dari 7 hingga 17 Februari, adalah Danielle Brooks untuk The Color Purple , Colman Domingo untuk Rustin dan The Color Purple , America Ferrera untuk Barbie, Lily Gladstone untuk Killers of the Flower Moon, Greta Lee untuk Past Lives, Charles Melton untuk May December , Da`Vine Joy Randolph untuk The Holdovers dan Andrew Scott untuk All of Us Strangers , semuanya menerima Virtuosos Awards pada 10 Februari.

Bintang Barbie Ryan Gosling dan bintang penulis-sutradara Maestro Bradley Cooper telah menerima hadiah dari festival tersebut, yang merupakan batu loncatan musim penghargaan utama.

Mark Ruffalo, Martin Scorsese, Justine Triet, Paul Giamatti , Jeffrey Wright dan Annette Bening masing-masing juga akan menerima penghargaannya sendiri.

Penerima Maltin Award tahun lalu adalah Jamie Lee Curtis, yang kemudian memenangkan Oscar untuk Everything Everywhere All at Once.

Penerima penghargaan sebelumnya juga termasuk Jodie Foster, George Clooney, Will Smith, Ben Affleck, Johnny Depp, Denzel Washington, Nicole Kidman, dan Christopher Nolan.

Daftar proyek mendatang Downey Jr. termasuk miniseri HBO The Sympathizer. (*)

 

 

KEYWORD :

Seputar Film Kabar Artis Maltin Robert Downey Jr. Santa Barbara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :