Rabu, 08/05/2024 11:49 WIB

Cek Fakta: Salah, Penyanyi Dangdut Mati saat Kampanye 02

Cek Fakta: Salah, Penyanyi Dangdut Mati saat Kampanye 02

Cek Fakta: Salah, Penyanyi Dangdut Meninggal Dunia saat Kampanye 02. (Foto: Cekfakta)

Jakarta, Jurnas.com - Beredar sebuah cuplikan video yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Itha Muraya yang memperlihatkan penyanyi dangdut D’Academy, Putri Isnari, pingsan di tengah panggung saat menyanyikan lagu dalam kampanye 02 di Rokan Hulu, Riau.

Video tersebut diunggah dengan klaim narasi bahwa Putri (dalam narasi ditulis sebagai Putri Ariani) meninggal dunia setelah jatuh pingsan dalam konser tersebut.

 "Setelah viral seorang Kyai yang meninggal saat memimpin doa demi materi... kini giliran seorang Penyanyi yang juga mati di atas podium yg dukung anaknya Jokowi… Kini… Putri Ariani… Seorang Artis Dangdut Academy yg ambruk saat acara Silaturahmi Kebangsaan Prabowo – Gibran di Kab. Rokan Hulu-Riau Rabu, 17/12/2023," demikian kutipan narasi yang dimuat dalam video di Facebook itu.

Hasil Verifikasi dan Penjelasan

Faktanya, berdasarkan penelusuran tim koalisi Cek Fakta, Putri Isnari tidak meninggal dunia. Putri hanya pingsan beberapa saat kemudian kembali sadar.

Penyanyi dangdut Academy tersebut menjelaskan bahwa kejadian itu diakibatkan karena terlalu bersemangat dan memaksakan dirinya meskipun tubuhnya sudah merasakan kelelahan.

"Tadi memang itu karena mungkin terlalu semangat. Pokoknya tadi itu aku udah nggak mikir gitu loh. Aksi panggung itu kayak yang lompat sana lompat sini. Jadi mudah-mudahan sih bisa lebih mengkontrol lagi kalau ngerasa udah capek harus bisa mengontrol. Tapi tadi aku gas-gas-gas aja," kata Putri Isnari dikutip Liputan6 pada (26/12/23) lalu.

Kesimpulan

Dengan demikian narasi yang disematkan dalam video di Facebook itu, yang menyebut Putri D’Academy meninggal setelah pingsan dalam acara 02, tidak benar. Sebab, Putri Isnari atau Putri DA ini hanya pingsan beberapa saat kemudian kembali sadar.

Sumber Rujukan:

[SALAH] Giliran Seorang Penyanyi yang juga mati di atas podium yang dukung anaknya Jokowi – TurnBackHoax.ID

https://www.liputan6.com/showbiz/read/5490515/putri-isnari-dangdut-academy-ceritakan-insiden-pingsan-di-atas-panggung-yang-viral-beberapa-waktu-lalu
https://youtu.be/QvenXOkNXTY?si=OwLauR4b-l5QVsiq

 

KEYWORD :

Cek Fakta Penyanyi Dangdut Putri Isnari Berita Hoaks Putri DA Kampanye Prabowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :