Rabu, 15/05/2024 01:35 WIB

CPJ Ungkap Israel Negara Paling Banyak Penjarakan Jurnalis Selama 2023

CPJ Ungkap Israel Negara Paling Banyak Penjarakan Jurnalis Selama 2023

Reaksi jurnalis Al Jazeera Wael Dahdouh saat menghadiri pemakaman putranya, jurnalis Palestina Hamza Dahdouh, setelah Hamzah terbunuh dalam serangan Israel, di Rafah di Jalur Gaza selatan. (FOTO: REUTERS)

JAKARTA - Israel muncul sebagai salah satu negara yang paling banyak memenjarakan jurnalis pada tahun 2023, menurut laporan pengawas kebebasan pers, dengan jumlah jurnalis yang dipenjara melonjak setelah dimulainya perang Israel-Hamas di Gaza.

Dalam laporan tahunan mengenai jurnalis yang dipenjara yang diterbitkan pada hari Kamis (18/1/2024), Komite Perlindungan Jurnalis (Committee to Protect Journalists/CPJ) menemukan bahwa Israel adalah negara keenam yang memenjarakan jurnalis terbanyak pada tahun 2023, bersama dengan Iran.

Ada 17 wartawan Palestina yang ditahan di penjara Israel pada 1 Desember, kata CPJ. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya seorang reporter Palestina ditahan di penjara Israel, menurut kelompok nirlaba yang berbasis di New York.

Israel telah muncul beberapa kali dalam sensus tahunan CPJ, tapi ini adalah jumlah penangkapan jurnalis Palestina tertinggi sejak CPJ mulai mendokumentasikan penangkapan pada tahun 1992 dan pertama kalinya Israel masuk dalam peringkat enam besar pelanggar,” tulis laporan itu.

Semua yang ditahan di penjara Israel ditahan di Tepi Barat yang diduduki setelah perang Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober, ketika pejuang Hamas melancarkan serangan mendadak ke Israel selatan, menewaskan sedikitnya 1.139 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan Al Jazeera berdasarkan statistik resmi.

Sekitar 240 orang lainnya ditawan, menurut pihak berwenang Israel.

Israel membalasnya dengan pemboman dan serangan darat yang menghancurkan di Gaza. Lebih dari 24.600 orang tewas dalam serangan Israel, menurut pejabat Palestina.

Dalam lebih dari tiga bulan sejak perang Gaza dimulai, kekerasan telah meningkat di kota-kota besar dan kecil di Tepi Barat, dengan pasukan Israel hampir setiap hari melakukan penggerebekan dan penangkapan massal.

Menurut laporan baru tersebut, sebagian besar jurnalis yang ditangkap ditahan di bawah penahanan administratif – sebuah praktik di mana pihak berwenang Israel menahan tahanan tanpa tuduhan atau pengadilan hingga enam bulan.

Penahanan dapat diperpanjang berdasarkan “bukti rahasia” yang tidak boleh dilihat oleh tahanan maupun pengacaranya.

Karena kurangnya informasi mengenai alasan di balik pemenjaraan tersebut, CPJ mengatakan sulit untuk mengetahui alasan penangkapan 17 jurnalis tersebut.

Beberapa keluarga wartawan mengatakan mereka yakin mereka dipenjara karena pesan yang diposting di media sosial, kata laporan itu.

Daftar CPJ adalah gambaran orang-orang yang dipenjara pada tanggal 1 Desember, dan tidak termasuk mereka yang dipenjara atau dibebaskan sepanjang tahun. Hingga 17 Januari, setidaknya 19 wartawan masih dipenjara, kata CPJ.

Perang Gaza juga menyebabkan peningkatan jumlah jurnalis yang terbunuh di wilayah tersebut. Hingga pertengahan Januari, 83 wartawan telah terbunuh sejak awal konflik.

Setidaknya 67 orang adalah warga Palestina, empat orang Israel dan tiga orang Lebanon, menurut CPJ .

Sejak awal tahun 2024, panitia mencatat setidaknya enam jurnalis tewas, termasuk Hamza Dahdouh, putra tertua kepala biro Al Jazeera di Gaza, Wael Dahdouh.

Dia adalah anggota keluarga dekat Dahdouh keempat yang terbunuh dalam perang.

Ratusan dipenjara di seluruh dunia

Laporan tersebut menemukan bahwa 320 jurnalis dipenjara di seluruh dunia pada tanggal 1 Desember tahun lalu, jumlah tertinggi kedua yang tercatat sejak komite tersebut mulai mendokumentasikan penangkapan pada tahun 1992.

Jumlah tersebut menandai penurunan dari rekor tertinggi global pada tahun 2022 ketika lebih dari 360 jurnalis ditahan di balik jeruji besi.

Hal ini mewakili “barometer yang meresahkan dari otoritarianisme yang mengakar dan fitnah pemerintah yang bertekad membungkam suara-suara independen”, demikian bunyi laporan tersebut.

“Beberapa negara melangkah lebih jauh dengan menggunakan penindasan transnasional untuk mengancam dan melecehkan wartawan di luar negara mereka,” tambahnya.

Tiongkok merupakan negara yang paling banyak melakukan pelanggaran, dengan 44 jurnalis dipenjara, diikuti oleh Myanmar (43) dan Belarus (28).

Lebih dari 65 persen dari mereka yang terdaftar dalam sensus dituduh menyebarkan informasi palsu dan melakukan “terorisme sebagai pembalasan atas liputan kritis mereka”.

Dalam 66 kasus, mereka yang ditahan belum diberitahu tentang dakwaan yang mereka hadapi, baca laporan tersebut. (*)

 

 

KEYWORD :

Israel Teroris jurnalis Israel Palestina tangkap penjara CPJ




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :