Jum'at, 10/05/2024 03:49 WIB

Untar Tercatat sebagai PTS dengan Skor Sinta Tertinggi

Skor Sinta Untar selama tiga tahun terakhir mencapai 416.987 dan skor keseluruhan 498.423. Angka itu menempatkan Untar pada posisi puncak dibandingkan PTS lainnya.

Universitas Tarumanagara (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Tarumanagara (Untar) mencatatkan prestasi sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) dengan skor Science and Technology Index (Sinta) tertinggi.

Menurut data Sinta Kemdikbudristek, skor Sinta Untar selama tiga tahun terakhir mencapai 416.987 dan skor keseluruhan 498.423. Angka itu menempatkan Untar pada posisi puncak dibandingkan PTS lainnya.

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan, menyebut prestasi ini menunjukkan keberhasilan kinerja penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PKM), dan publikasi Untar.

Pencapaian terbaru ini juga menambah panjang deretan prestasi Untar, setelah sebelumnya kembali masuk di Klaster Mandiri untuk kinerja penelitian dan PKM, yang diumumkan akhir Desember silam.

"Prestasi ini merupakan hasil dari kontribusi aktif dosen dan mahasiswa Untar, didukung oleh kolaborasi dengan mitra baik dalam maupun luar negeri, yang telah menghasilkan berbagai karya bereputasi," kata Agustinus dalam siaran persnya.

Agustinus juga menekankan keterlibatan seluruh dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian, PKM, dan publikasi. Sebagai bentuk penghargaan, Untar memberikan insentif dalam acara Research Week.

"Saat ini kami telah menyiapkan jurnal terakreditasi SINTA dalam berbagai bidang, dalam bentuk seminar internasional, seminar nasional, jurnal internasional, dan berbagai jenis hibah internal yang dapat dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswa Untar," tutur dia.

Diketahui, Sinta merupakan sistem pemeringkatkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk mengevaluasi kinerja dan dampak penelitian ilmiah di berbagai perguruan tinggi.

Skor Sinta mencerminkan prestasi akademis suatu perguruan tinggi dalam kontribusinya terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

KEYWORD :

Universitas Tarumanagara Skor Sinta Kemdikbudristek Kinerja Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :