Sabtu, 18/05/2024 12:36 WIB

Final Piala Super Turki di Saudi Batal Digelar, Ini Penyebabnya

Final Piala Super Turki di Saudi Batal Digelar, Ini Penyebabnya

Skuat Fenerbahce dan Galatsaray (Foto: Goal)

Riyadh, Jurnas.com - Final Piala Super Turki yang mempertemukan Galatasaray dengan Fenerbahce, yang seharusnya berlangsung di Stadion Al-Awwal Park, Riyadh, Arab Saudi, kini batal digelar.

Menurut laporan Goal yang dikutip pada Sabtu (30/12), otoritas Saudi melarang kedua tim melakukan pemanasan dengan jersey Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern yang dinilai sekuler. Pengumuman disampaikan beberapa jam sebelum laga dimulai.

"Diumumkan kepada publik, untuk merayakan ulang tahun ke-100 Republik kami dan Federasi Sepak Bola Turki di luar negeri, kami berorganisasi dengan klub-klub kami sedemikian rupa sehingga akan berkontribusi pada nilai merek Sepak Bola Turki dan klub kami," demikian keterangan Federasi Sepak Bola Turki.

"Kompetisi Piala Super 2023 yang rencananya akan dimainkan pada Jumat, 29 Desember 2023 pukul 20.45, telah ditunda ke kemudian hari sebagai akibat dari keputusan bersama yang kami ambil dengan klub kami, karena adanya beberapa gangguan dalam organisasi," sambung dia.

Awalnya, laga ini rencananya akan dimainkan pada peringatan 100 tahun reformasi revolusioner Ataturk, yang meletakkan dasar bagi Republik Turki yang sekuler. Selain itu, ada isyarat bahwa bendera dan lagu kebangsaan Turki tidak diizinkan; Namun, TFF membantahnya.

Dengan ditundanya pertandingan, kemungkinan besar laga final akan dilanjutkan di Turki karena pada November lalu Fenerbahce mengajukan mosi pada rapat dewan agar pertandingan tersebut diadakan di Stadion Ataturk di Istanbul, tempat berlangsungnya final Liga Champions musim lalu.

KEYWORD :

Piala Super Turki Arab Saudi Galatasaray Fenerbahce




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :