Kamis, 09/05/2024 14:11 WIB

Kini Sukses Jadi Wanita Berpengaruh, Oprah Winfrey Buka Perjalanan Hidupnya yang Sulit

Kini Sukses Jadi Wanita Berpengaruh, Oprah Winfrey Buka Perjalanan Hidupnya yang Sulit

Kini Sukses Jadi Wanita Berpengaruh, Oprah Winfrey Buka Perjalanan Hidupnya yang Sulit (FOTO: GETTY IMAGE)

JAKARTA - Bagaimanapun, Oprah Winfrey telah mencapai cukup banyak prestasi dalam hidupnya sehingga ia bisa berpuas diri hingga akhir zaman.

Namun Oprah Winfrey – ikon budaya, bintang film, maestro media, miliarder – bukanlah orang kebanyakan.

"Saya tidak akan pernah selesai sampai napas terakhir saya selesai," katanya kepada People dalam cerita sampul minggu ini.

"Dan kapanpun itu terjadi, itu akan menjadi napas yang damai."

Saat Oprah Winfrey mendekati ulang tahunnya yang ke-70 bulan depan dan merayakan perilisan The Color Purple pada Hari Natal, sebuah adaptasi musikal dari film asli tahun 1985 dan pertunjukan Broadway berdasarkan novel terkenal Alice Walker, dia mengamati perjalanannya yang luar biasa.

“Rasa syukur benar-benar agama saya,” kata Oprah Winfrey, yang penampilannya sebagai Sofia dalam film klasik nominasi Oscar tahun 1985 “mengubah segalanya” baginya.

"Ini adalah sebuah pembukaan spiritual bagi saya untuk melihat hidup saya dengan cara yang berbeda."

Oprah Winfrey memulai dan mengakhiri setiap hari dengan "Terima kasih", sebuah batu ujian dari praktik berharga dalam rasa syukur yang dia rekomendasikan kepada semua orang.

“Jika Anda melatih diri untuk melakukan hal itu, Anda menjalani hidup dengan merasakan kelimpahan, bukan kelangkaan,” katanya.

"Jelas, orang akan berkata, `Ya, mudah bagimu untuk mengatakannya, Oprah.` Tapi aku sudah melakukan itu selamanya."

Pertama, setiap hari dia menghargai betapa berbedanya perjalanan hidupnya – dan tidak pernah lupa dari mana dia berasal.

Seandainya Oprah Winfrey tinggal di Milwaukee setelah masa remajanya bersama ibunya Vernita Lee, dia yakin peluang untuk bertahan hidup sangat kecil.

“Saya akan terjebak di dalam tubuh saya sendiri, berat badan saya sendiri, rasa sakit saya sendiri,” kata Oprah Winfrey, yang tahun-tahun awalnya ditandai dengan pelecehan, kemiskinan, dan keputusasaan.

"Saya akan mengalami kematian dini."

Alkimia yang tak terduga dalam hal waktu, bakat, dan kegigihan, serta langkah yang mengubah hidup pada usia 14 tahun untuk tinggal bersama ayahnya di Nashville, membantunya berada di jalur yang luar biasa.

Ketenaran global dan kesuksesan yang diperoleh dengan susah payah, termasuk 25 musim acara bincang-bincangnya yang inovatif, akan menyusul, namun Oprah Winfrey tidak pernah melupakan tujuan hidupnya: untuk mengangkat orang lain.

“Saya masih terus bangkit, dan sekarang saya berada di ruang di mana tawaran saya adalah membantu orang lain untuk bangkit,” katanya.

"Prinsip yang mendasarinya, landasan bagaimana saya beroperasi di dunia... Hidup akan lebih baik jika Anda membagikannya."

Meskipun Oprah Winfrey telah memberikan dampak pada banyak kehidupan selama beberapa dekade, warisannya masih belum selesai.

“Saya sekarang tahu apa yang dikatakan Maya Angelou kepada saya ketika saya kembali dari membuka sekolah di Afrika Selatan dan saya berpikir, `Oh, Maya, sekolah ini akan menjadi warisan terbesar saya, gadis-gadis ini.` Dan dia berkata, `Anda tidak tahu apa warisan Anda nantinya... karena warisan Anda tidak pernah berupa satu hal. Warisan Anda adalah setiap kehidupan yang Anda sentuh`."

"Dia melanjutkan dengan mengatakan, semua orang yang pernah menonton pertunjukan dan memutuskan karena sesuatu yang Anda katakan, saya akan kembali ke sekolah. Saya akan meninggalkan suami saya yang kasar. Saya akan berhenti memukuli saya. Nak. Aku akan membeli bra yang lebih bagus. Jadi ketika aku berpikir tentang jutaan orang yang mendengar sesuatu yang membuka celah harapan, kerinduan, kesadaran, meski hanya sedikit, itulah kehidupan yang aku sentuh. Dan Anda tidak bisa menjadi lebih baik dari itu."

Mendiang penyair dan penulis memoar jugalah yang menawarkan jalan inspirasi.

"Maya Angelou menulis puisi untuk saya berjudul `Continue`, yang bisa kalian cari di Google saja," kata Oprah Winfrey.

"Tetapi salah satu kalimat yang paling penting adalah, `Harapan saya untuk Anda adalah agar Anda terus membuat dunia yang kejam ini takjub dengan tindakan kebaikan Anda.` Dan itulah yang ingin saya lakukan."

The Color Purple akan dirilis di bioskop pada 25 Desember 2023. (*)

 

KEYWORD :

Kabar Artis Oprah Winfrey The Color Purple




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :