Senin, 04/03/2024 03:18 WIB

Pasukan Ukraina Berlatih di Polandia untuk Hadapi Perang Musim Dingin yang Keras

Pasukan Ukraina Berlatih di Polandia untuk Hadapi Perang Musim Dingin yang Keras

Seorang tentara Ukraina memegang senapan AK-47 di parit selama Pelatihan Senjata Gabungan di Wedrzyn, Polandia, 7 Desember 2023. Foto: Reuters

WEDRZYN - Di lapangan yang tertutup salju di Polandia barat, tentara Ukraina dilatih dalam perang parit, hanya beberapa hari sebelum dikirim ke garis depan dalam perang yang sengit melawan Rusia.

Reuters termasuk di antara sejumlah organisasi media yang diundang minggu ini untuk menyaksikan pelatihan yang dilakukan oleh tentara dari Polandia, Prancis dan Belgia, di Wedrzyn, sekitar 40 kilometer dari perbatasan Jerman.

“Kebanyakan orang sebenarnya tidak memiliki pengalaman militer dan mereka diajari cara melakukan beberapa taktik dasar,” kata seorang tentara Ukraina. “Kami diajari cara menggunakan senjata di daerah perkotaan dan di parit.”

Pelatihan tersebut dilakukan oleh Komando Pelatihan Persenjataan Gabungan, yang didirikan sebagai bagian dari upaya Uni Eropa untuk membantu militer Ukraina. Latihan telah diadakan di 24 dari 27 negara anggota blok tersebut.

“Kami akan terus beradaptasi karena situasi di medan perang berubah setiap hari,” kata Letnan Jenderal Michiel van der Laan, Direktur Jenderal Staf Militer Uni Eropa.

Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 dan kini menguasai hampir seperlima wilayahnya. Serangan balasan Ukraina, yang dilakukan sejak Juni, tidak menghasilkan terobosan besar.

Panglima Tertinggi Ukraina Jenderal Valery Zaluzhnyi mengatakan perang tersebut bergerak menuju tahap baru pertempuran statis dan gesekan yang memungkinkan Moskow membangun kembali kekuatan militernya.

Operasional bisa menjadi lebih rumit karena cuaca saat musim dingin tiba.

“Menurut saya musim dingin adalah musim yang paling menuntut dalam perang. Musim ini sangat membatasi pergerakan dan kemampuan manuver kami sementara musuh dengan jelas melihat kami melalui kamera panas dan drone,” kata tentara Ukraina tersebut.

Tentara Ukraina kedua mengatakan pelatihan yang diterima pasukan di Polandia akan membantu mereka mencapai kemajuan dalam serangan balasan.

“Bertempur di parit adalah salah satu elemen terpenting dalam perang ini… Saya pikir peningkatan keterampilan di bidang ini akan membantu tentara kita sukses di medan perang,” katanya.

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Musim Dingin Polandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :