Sabtu, 18/05/2024 17:51 WIB

Penyelamat Lanjutkan Pengeboran untuk Keluarkan 41 Pekerja di Terowongan India

Penyelamat Lanjutkan Pengeboran untuk Keluarkan 41 Pekerja di Terowongan India

Seorang pendeta Hindu berdoa di kuil darurat di luar pintu masuk terowongan tempat para pekerja terjebak di Uttarkashi, India. Foto: Reuters

SILKYARA - Gambar pertama yang muncul pada Selasa menunjukkan 41 pria yang terperangkap selama lebih dari seminggu di terowongan jalan raya di Himalaya India, menunjukkan mereka berdiri di ruang terbatas dan berkomunikasi dengan petugas penyelamat saat pengeboran dilanjutkan. menarik mereka ke tempat yang aman.

Para pria tersebut terjebak di terowongan sepanjang 4,5 km (3 mil) di negara bagian Uttarakhand sejak terowongan tersebut runtuh pada awal 12 November dan dalam kondisi aman, kata pihak berwenang, dengan akses terhadap cahaya, oksigen, makanan, air, dan obat-obatan.

Mereka belum menyebutkan penyebab runtuhnya terowongan tersebut, namun wilayah tersebut rawan longsor, gempa bumi, dan banjir. Upaya untuk mengeluarkan 41 orang tersebut terhambat karena terhambatnya pengeboran puing-puing di daerah pegunungan.

“Kami mungkin bisa mendapatkan terobosan dalam 30-40 jam ke depan,” Mahmood Ahmed, direktur pelaksana Perusahaan Pembangunan Jalan Raya dan Infrastruktur Nasional (NHIDCL) milik pemerintah, yang membangun terowongan tersebut, mengatakan kepada wartawan.

“Mungkin ada kesulitan juga tapi kami siap menghadapinya,” katanya setelah pengeboran dilanjutkan.

Video berdurasi 30 detik yang disediakan oleh pihak berwenang menunjukkan sekitar selusin pria yang terjebak berdiri setengah lingkaran di depan kamera, mengenakan helm dan jaket pekerja konstruksi di atas pakaian mereka dengan latar belakang lampu di terowongan.

Seorang petugas penyelamat terdengar menyuruh orang-orang tersebut untuk menampilkan diri mereka di depan kamera satu per satu, untuk memastikan identitas mereka melalui peralatan walkie-talkie yang telah dikirimkan.

Video tersebut diambil melalui kamera endoskopi medis yang dimasukkan melalui pipa kedua yang lebih lebar yang dibor melalui puing-puing pada hari Senin, kata pihak berwenang.

Dalam klip tersebut, orang-orang yang terperangkap tampak baik-baik saja, dan menjawab bahwa mereka baik-baik saja ketika ditanya tentang kesejahteraan mereka, kata seorang pejabat di ruang kendali penyelamatan yang berbicara kepada Reuters tanpa mau disebutkan namanya.

Tim penyelamat melanjutkan pengeboran secara horizontal melalui tumpukan puing setinggi 60 meter (195 kaki) untuk mendorong melalui pipa yang cukup besar sehingga orang-orang yang terjebak dapat merangkak keluar, kata sebuah pernyataan pemerintah.

Pengeboran telah dihentikan pada hari Jumat setelah mesin tersangkut dan kekhawatiran akan terjadi keruntuhan baru.

Pengerjaan lima rencana lain untuk menarik keluar para pekerja, termasuk pengeboran vertikal dari puncak gunung, juga sedang berlangsung, kata pernyataan itu.

Satu mesin untuk penyelamatan vertikal telah tiba dan sedang dipasang dan dua lagi sedang menunggu, tambahnya.

Abhishek Sharma, seorang psikiater yang dikirim ke lokasi tersebut oleh pemerintah negara bagian, mengatakan dia telah meminta 41 pria tersebut untuk berjalan dalam area 2 km (1,2 mil) di mana mereka dikurung, melakukan latihan yoga ringan dan berbicara secara teratur satu sama lain untuk menjaga kesehatan mereka. sibuk.

"Tidur sangat penting bagi mereka... dan sampai sekarang mereka bisa tidur nyenyak dan tidak melaporkan adanya kesulitan tidur," kata Sharma kepada Reuters, seraya menambahkan bahwa para pria tersebut dalam keadaan bersemangat dan ingin segera keluar dari rumah sakit.

Orang-orang yang terjebak adalah pekerja berupah rendah, sebagian besar dari mereka berasal dari negara bagian miskin di utara dan timur India.

“Dia bilang dia baik-baik saja,” Sunita Hembrom, saudara ipar salah satu pekerja yang terjebak di terowongan, Surendra Kishku, mengatakan kepada wartawan setelah dia berbicara dengannya.

"Dia berkata, `Jaga dirimu, anak-anak dan orang tua. Beritahu kami apa yang mereka lakukan untuk mengeluarkan kami dari sini`."

KEYWORD :

Terowongan Runtuh Pekerja Terjebak India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :