Rabu, 01/05/2024 08:32 WIB

Ilmuwan Ungkap Lanskap Kuno Terdapat Jauh di Bawah Es Antartika

Ilmuwan Ungkap Lanskap Kuno Terdapat Jauh di Bawah Es Antartika

Sebuah ilustrasi menunjukkan lanskap seukuran Belgia yang terletak di Wilkes Land, Antartika Timur jika lapisan es tebalnya terangkat. Handout via Reuters

WASHINGTON - Antartika tidak selalu menjadi daratan es dan salju yang terpencil. Benua paling selatan di bumi dulunya merupakan rumah bagi sungai dan hutan yang penuh dengan kehidupan.

Dengan menggunakan pengamatan satelit dan radar penembus es, para ilmuwan kini dapat melihat sekilas dunia Antartika yang hilang. Para peneliti mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah mendeteksi terkubur di bawah lapisan es benua itu sebuah lanskap kuno yang luas, penuh dengan lembah dan punggung bukit, yang tampaknya dibentuk oleh sungai sebelum ditelan oleh glasiasi di masa lalu.

Bentang alam ini, terletak di wilayah Wilkes Land di Antartika Timur yang berbatasan dengan Samudera Hindia, mencakup wilayah kira-kira seluas Belgia atau negara bagian Maryland di AS. Para peneliti mengatakan bahwa lanskap tersebut tampaknya berasal dari setidaknya 14 juta tahun yang lalu dan mungkin lebih dari 34 juta tahun yang lalu, ketika Antartika memasuki titik beku.

“Pemandangannya seperti potret masa lalu,” kata Stewart Jamieson, profesor glasiologi di Universitas Durham di Inggris dan salah satu pemimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

“Sulit untuk mengetahui seperti apa dunia yang hilang ini sebelum adanya es, tapi saat itu suhunya pasti lebih hangat. Tergantung seberapa jauh Anda pergi ke masa lalu, Anda mungkin pernah mengalami iklim yang berkisar dari iklim saat ini. -hari Patagonia hingga sesuatu yang lebih mendekati tropis. Serbuk sari pohon palem purba telah ditemukan dari Antartika, tidak jauh di sekitar pantai dari lokasi penelitian kami," tambah Jamieson.

Lingkungan seperti itu kemungkinan besar dihuni oleh satwa liar, tambah Jamieson, meskipun catatan fosil di kawasan itu terlalu tidak lengkap untuk menunjukkan hewan apa yang mungkin menghuninya.

Es di atas lanskap kuno tersebut memiliki ketebalan sekitar 1,4-1,9 mil (2,2 km hingga 3 km), menurut rekan pemimpin studi Neil Ross, seorang profesor ilmu kutub dan geofisika lingkungan di Universitas Newcastle di Inggris.

Para peneliti mengatakan tanah di bawah es ini kurang dikenal bahkan dibandingkan permukaan Mars. Mereka mengatakan salah satu cara untuk mengungkap misterinya adalah dengan mengebor es dan mendapatkan sampel inti sedimen di bawahnya. Hal ini dapat mengamankan bukti yang mengungkap flora dan fauna purba, seperti yang dilakukan pada sampel yang diperoleh di Greenland sejak 2 juta tahun yang lalu.

Studi baru ini menggunakan pengamatan satelit terhadap permukaan es, yang di beberapa tempat mengikuti kontur lanskap yang terkubur, dan data radar penembus es dari pesawat yang terbang di atas lokasi tersebut.

Beberapa penelitian sebelumnya juga telah mengungkapkan lanskap kuno di bawah es Antartika termasuk pegunungan dan dataran tinggi, meskipun lanskap yang ditemukan dalam studi baru ini adalah yang pertama dari jenisnya.

“Bentang alam telah dimodifikasi oleh berbagai proses yang dipengaruhi oleh sungai, tektonik, dan glasiasi dalam jangka waktu geologis yang sangat panjang,” kata Ross.

Tepat sebelum 34 juta tahun yang lalu, lanskap dan flora Antartika kemungkinan besar mirip dengan hutan hujan beriklim dingin di Tasmania, Selandia Baru, dan wilayah Patagonia di Amerika Selatan, Ross menambahkan.

Antartika pernah menjadi bagian dari superbenua Gondwana yang juga mencakup wilayah yang sekarang disebut Afrika, Amerika Selatan, Australia, anak benua India, dan Semenanjung Arab, namun akhirnya terpecah dan menjadi terisolasi dalam proses geologi yang disebut lempeng tektonik.

Jamieson mengatakan para peneliti berpendapat bahwa ketika iklim Antartika lebih hangat, sungai-sungai mengalir melintasi lanskap yang baru diidentifikasi menuju garis pantai kontinental yang tercipta ketika daratan lainnya memisahkan diri. Ketika iklim mendingin, kata Jamieson, beberapa gletser kecil terbentuk di perbukitan di sebelah sungai, dengan lembah yang semakin dalam akibat erosi glasial.

“Kemudian iklim menjadi lebih dingin secara signifikan, dan lapisan es tumbuh menutupi seluruh benua, membanjiri semua gletser yang pernah ada sebelumnya. Ketika pertumbuhan es itu terjadi, kondisi antara dasar es dan lanskap berubah menjadi sangat dingin – dan dengan cara ini, lanskap tersebut tidak dapat lagi mengikis lanskap kita. Sebaliknya, lanskap tersebut dapat dilestarikan, kemungkinan besar selama 34 juta tahun,” tambah Jamieson.

KEYWORD :

Es Antartika Lanskap Kuno Seluas Belgia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :